Rabu, 20 April 2016

Onduline, Genteng Bitumen Ringan dan Ga Berisik


"Saat renovasi rumah nanti, saya ingin punya ruang inspirasi, di mana bisa menuangkan ide sambil menatap hujan. Ruang kaca yang bisa melihat hujan, tetapi atapnya gak berisik saat air hujan deras menerpa," cita-cita yang berulang kali saya sampaikan ke suami saat kami membahas rencana renovasi rumah.

Rumah yang kami tempati 5 tahun terakhir masih 'bawaan asli' dari developer perumahan. Belum pernah renovasi. Pengennya nanti renovasi total.

Banyak yang harus diperhitungkan dalam renovasi. Salah satunya mengenai pilihan genteng. Tinggal di Kota Hujan, Bogor membuat genteng dan atap adalah bagian penting dalam sebuah rumah. Bayangkan, terpaan hujan dan angin seringkali sangat deras dan keras. Suaranya berisik dan "menyeramkan". Akibatnya selama hujan turun, kadang tidak sebentar, kami tidak bisa mengobrol, tidak bisa konsentrasi kerja, nonton TV dengan volume tertinggi pun masih kalah dengan suara hujan di atap rumah.


Hujan deras di kompleks rumah (dokumentasi pribadi)
Jujur ya, beberapa bulan ini niat buat renovasi rumah kuat banget. Masalahnya sudah banyak kebocoran di sana-sini. Masa kudu sedia ember banyak untuk nampung bocor? Sudah bolak balik memanggil tukang buat benerin genteng, tapi tetap saja masalah berulang. Gak seru ah, kalau bertebaran ember di berbagai sudut rumah saat hujan turun. 


Foto dari Onduline.co.id
Sudah pernah dengar Onduline ? Sama, saya juga baru tahu seminggu terakhir ini pas cari-cari di google tentang genteng berkualitas. Onduline adalah sebuah merk untuk produk atap genteng yang terbuat dari bitumen (aspal) serat selulosa dan bahan organik, resin dan mineral lainnya yang ramah lingkungan. Bahan dasar aspal menggantikan beton, membuat genteng lebih ringan.

PT Onduline Indonesia telah mendapatkan pengakuan sebagai industri bahan bangunan penutup atap rumah. Saat ini Onduline telah dapat diperoleh di 30 propinsi di Indonesia, didukung lebih dari 40 distributor dan 2.000 toko.
Foto koleksi pribadi
Ada 3 golongan produk Onduline yaitu Roofing (atap paling luar), Under roofing dan waterproofing.  Produk Onduline antara lain adalah Onduvilla (atap ringan bergaya mediteranian), Onduline Classic (lembaran atap ringan dan bergelombang), dan Sistem Bardoline (atap Shingle berbahan dasar aspal). Produk Onduline tersedia dalam berbagai warna yang unik, menarik dan modelnya bernilai estetika tinggi. Kalau dilihat dari foto-fotonya di website, Onduline banyak dipakai di perumahan-perumahan moderen minimalis.

Onduvilla adalah genteng yang terdiri dari sekitar 50% bahan daur ulang, produk terbaik di kelasnya. Onduvilla ringan, hanya 4 kg per meter persegi. Onduvilla menggunakan teknologi sealsmart, yaitu material komposit yang elastis yang mampu mengecil dan mengikat satu sama lain, menciptakan penghalang tahan bocor yang rapat. Waterproofing dijamin berkat teknologi double-embos segitiga di tumpang tindih. Onduline mengklaim mencapai watertightness tahan lama dan garansi 10 tahun terhadap korosi dan keretakan.

Secara umum, Desain genteng Onduline dengan tinggi gelombang yang sempurna untuk waterproofing. Berkat kenyamanan thermal dan kinerja akustik yang baik, memberikan kenyamanan dari panas dan mampu meredam suara berisik hujan.

Oiya, Onduline telah mencapai jejak karbon rendah dan mendaur ulang sekitar 200.000 ton bahan setiap tahun, lho.  Selain itu, bahannya terdiri dari serat daur ulang dan pigmen alami yang digunakan untuk pewarnaan. Semua produk Onduline tidak mengandung asbes.  Pengakuan Onduline sebagai produk ramah lingkungan telah diberikan di antaranya oleh ICC-Evaluation Service (lembaga non profit yang mengevaluasi bahan bangunan) dan USGBC (US Green Building Council)

Dengan Onduline, genteng ringan dan ga berisik, saya akan bangun ruang inspirasi melihat hujan tanpa berisik. Doain ya teman-teman, segera terwujud ruang inspirasi yang saya cita-citakan. Nanti kalian saya undang main ke rumah :)

SUMBER : www.onduline.co.id


10 komentar:

  1. Aamiin. Semoga terwujud. Dan aku diundang ke rumah mba arin sambil makan asinan bogor uhuuuuyyy

    BalasHapus
  2. bener banget mbak gak berisini aku pakai untuk teras, kalau hujan sampai gak ngeh saking ga berisik & gak panas

    BalasHapus
  3. Wah ini jadi langsung ganti genteng dan renovasi? Semoga cepet tercapai ya kak! Itu bogornya daerah mana sih? Muehehehe. Pengin tahu nih. \:p/

    BalasHapus
  4. Referensi oke nih untuk kami yang mau merenovasi rumah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, banyk kok yg jual. Toko bangunan pasti tau onduline

      Hapus
  5. Genteng udah banyak macamnya ya mba

    BalasHapus