Rabu, 08 Juni 2016

Selfie untuk Senyum Indonesia Lestari


Tahukah teman, apa karakter bangsa Indonesia yang dikenal Dunia?

SUKA SELFIE !
Bukaaaan, bukan itu yang saya maksud. Iya sih, selfie alias memotret diri sendiri telah menjadi kebiasaan lazim masyarakat Indonesia masa kini.

Sebelum budaya selfie, ada karakter masyarakat Indonesia yang dikenal dunia, yaitu : SENYUM !

Orang Indonesia dikenal murah senyum.  Berkenalan dengan orang baru tersenyum. Berpapasan dengan orang tak dikenal, tersenyum. Berbicara sambil tersenyum. Bahkan ketika kecewa sekalipun ada yang masih bisa tersenyum.

Benarkah SENYUM Indonesia ini mulai memudar?  

Jika senyum berkorelasi dengan silaturahmi dan perjumpaan dengan teman atau saudara, frekuensi senyum ini tidak sebanyak dulu. Pasalnya apa? Kebiasaan bergadget-ria telah melanda masyarakat kita. Sayangnya, kebiasaan bergadget ini jadi candu, dan mengurangi frekuensi saling sapa dan saling senyum. Lihat saja dalam situasi sebuah angkutan umum. Dulu orang bisa bercengkerama dengan penumpang lain walaupun belum kenal. Saling senyum tentunya. Sekarang kondisinya beda, begitu naik angkutan umum masing-masing orang mengeluarkan gadgetnya dan sibuk sendiri. Lupa untuk tersenyum pada sekitarnya.

SELFIE Hadirkan SENYUM Indonesia kembali.
Ketika akhirnya SELFIE datang sebagai kebiasaan baru generasi gadget, terutama pengguna ponsel berkamera, senyum-senyumpun mulai merekah kembali. Awalnya Selfie dianggap norak, sedikit memalukan dan terkesan pamer. Ya, kita lihat sisi baiknya dari selfie.
  • Selfie itu cara sederhana untuk bahagia. Saat selfie kita bisa mengagumi diri sendiri dan bersyukur, ternyata wajah kita nggak jelek kok.
  • Selfie membuat orang berfoto sambil tersenyum. Kebanyakan pose selfie dihiasi wajah yang tersenyum. 
  • Menyapa dunia dengan foto selfie. Yang semula diam tak ada kabar, kemudian jadi sering muncul menyapa sahabat media sosial dengan foto selfienya. "Selamat pagi Indonesia" tulisan di atas sebuah foto wajah full frame hasil selfie.
  • Selfie mencairkan suasana. Jumpa teman atau keluarga? Bingung mau mengobrol apa? Langsung saja ajak selfie dan senyum bersama. Momen indah pun terekam. Wajah-wajah keluarga tersimpan dalam album kenangan.
Senyum dan Selfie untuk Silaturahmi.
Poin terakhir tadi sering saya lakukan. Seperti ketika minggu lalu saya menghadiri kondangan ke acara pernikahan keponakan di Pasuruan Jawa Timur. Dengan kata lain, kakak saya mantu anaknya. Inilah momen kumpul keluarga besar. Kebayang ramainya. Saya 7 bersaudara, masing-masing membawa pasangan. Masing-masing membawa "buntut". Malah buntutnya sudah ada yang menikah atau bawa calon pasangan. Banyaaak personelnya.

Belum lagi ada keluarga dari Pakde, Bude, Bulek, Paklik, tetangga di kampung, teman sekolah, dan banyak lagi. Walaupun nggak bisa ngobrol lama pada masing-masing orang, kenangan perjumpaan itu harus diabadikan.

Untungnya saya selalu membawa ponsel berkamera dan tongsis alias tongkat narsis alias monopod. Ketemu Si A, tegur sapa-salaman-ajak selfie-senyuum-capture! Ketemu Si B, cipika-cipiki-salaman-ajak selfie-senyuum-jepretBegitulah satu-persatu keluarga saya ajak berselfie.

Kesempatan berkumpul keluarga besar ya pas acara pernikahan seperti ini. Karena itu saya dan keluarga berusaha untuk selalu menghadiri undangan pernikahan. Apapun adat yang dipilih, pernikahan adat Indonesia menarik untuk diabadikan lewat foto.  Saya sendiri seringkali mengenakan kebaya dan kain jarik batik. Perpaduan anggun busana Indonesia.

Di saat sang pengantin sibuk menyalami tamu, saya dan keluarga sibuk selfie. Seru, senyum-senyum sana sini. Chesee! Cheeesee! Kacang Bunciiiissss!

Indahnya silaturahmi berhias senyum selfie :)
Selfie dengan pengantin baru fresh from the oven
Selfie bareng keluarga besar usai akad nikah
Senangnya bisa kumpul dengan keponakan yang ramai!
Saya diantara calon pengantin berikutnya. 
Mas No 5, Saya No 7, Mbak No 2
Selfie usai di make up rias pengantin
Gagal selfie karena Si Adik ngambek
Pengantin belum datang, selfie sama fotonya dulu
Senyum-senyum bahagia
Si Bungsu dan Si Sulung
Bersama kakak dan keponakan. Smileee.
Ketemu sepupu yang lama tak jumpa
Selfie and smileee...
Sudah puas lihat senyum saya? Hahahaha.

Saya selfie menggunakan ponsel berkamera depan masih 5 MP. Belum menggunakan OPPO F1 Plus. Itu lho, kamera HP, eh, HP berkamera, eh...HP kamera, keluaran terbaru dari OPPO. Kabar terbaru dari dunia gadget, OPPO F1 Plus memang diciptakan untuk mereka penggemar selfie. Saya mau aja sih kalau ada rejeki trus bisa foto-foto selfie dengan OPPO F1 Plus. Biar senyum selfienya makin merekah :)
Dengan mengukuhkan diri sebagai Ponsel Kamera alias Camera Phone, OPPO menghadirkan nilai lebih dari sebuah ponsel pintar. Hobi berfoto, baik itu foto pemandangan, perkotaan, human interest hingga foto selfie, merekam dan membangun sosial budaya masyarakat Indonesia, dan mengabarkan kepada dunia. 

Seperti halnya hobi selfi masyarakat yang dipahami dengan baik oleh OPPO dengan menciptakan ponsel "Selfie Expert". Selfie mengundang senyum, mempererat silaturahmi. Tetaplah lestari senyum Indonesia. Jangan lupa, untuk selfie dan tersenyum. Cheeseee.

Tulisan ini diikutkan dalam OPPO F1 Plus PhotoBlog Contest #SelF1eXpert Senyum Untuk Indonesia
Disclaimer : Tulisan di luar tanggung jawab PT. Indonesia OPPO Electronics.

39 komentar:

  1. senyum memang penghias selfie yang paling oke...Love to see all those smiles here :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betapa dahsyatnya efek senyum..bikin semua tampak keren

      Hapus
  2. Cinta didandanin cantiik bangeeet. Sudah tinggi pula..Senyumnya maniss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia suka dandan juga sih..gal kayak emaknya

      Hapus
  3. Sekarang emang jamannya selfie ya, Mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tadinya aku gak suka, eh kesininya ikut2an selfie

      Hapus
  4. Wah Cinta makin gede makin cantik. Manglingi, Mbak.

    BalasHapus
  5. pangling banget sama cinta...cantik

    BalasHapus
  6. Suka sama fotonya yang gagal selfie. Kelihatan natural banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..itu si adek sampai kelelahan diajak selfie sedari pagi

      Hapus
  7. Eh, iya ya, bener juga tu, hobi sefie bikin kita jadi hobi senyum ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada juga sih yg suka dimanyun2in..biasanya yg pipinys cubby hahahaha

      Hapus
  8. Mantap Mbk, makin cantik deh, seru ya selfie ama keluarga

    BalasHapus
  9. Selalu juara senyumnya, eh tulisannya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doain menang ya mbaak..trus kita selfie bareng

      Hapus
  10. Waah seragamnya kece mba..
    Sy suka sy suka.
    Senyummya manis2

    BalasHapus
  11. Sekarang dmana2 selfie ya memang budayanya..

    BalasHapus
  12. Benar2 hobi selfie nih, banyak amat ya foto selfienya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini baru sebagian yang dipamerin wkwkwk

      Hapus
  13. Selalu suka lihat selfie rame-rame dan semua kelihatan happy. :)

    BalasHapus
  14. senyumnya manis-manis semua Mba Arin :)
    good luck buat lombanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senyum semanis madu duuu...duu du..
      Terimakasih mba

      Hapus
  15. Kalau selfie pake kamera canggih dan cakep kayak Oppo mah, siapa yang bisa nolak. hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saatnya kamera depan nambah pixel yak

      Hapus
  16. kereeen bangeet tante,,,smoga menang yaaa... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iki sopo? Mesti ponakanku yg komen ini. Calon penganten atau pengantennya?

      Hapus
  17. Foto bertiganya, sumringah banget mbaa. Semoga menang mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dibalik sumringah ada huru hara ngajak selfie hahaha

      Hapus
  18. Seriusan mba itu selfie pake kamera 5MP saja? hasilnya keren banget... apalagi pake OPPO F1 Plus jadi mbayangin hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serius mas, ponselku yg sekarang kamera 5MP. Kualitas foto gak cuma ditentukan seberapa MP, tapi juga teknologi lainnya. Oppo F1 Plus punya tuh teknologi kamera ponsel yg keren

      Hapus
  19. Yang ganteng makin ganteng, yang cantik makin cantik :P
    HP Oppo ini setelah dicoba memang cocok buat selfie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah nyoba Oppo F1 plus. Masih penasaran gara-gara lihat youtube dan iklannya dimana-mana.

      Hapus