Selasa, 12 Juli 2016

My Eid Experiences with I.K.Y.K.


Idul Fitri 1437 H ini genap 1 tahun saya berhijab. Masih sangat baru, masih harus banyak belajar. Dan kepribadian pun masih "saya" yang dulu, kalem, tapi agak keras kepala gitu. Dalam berbusana, saya suka jenis busana yang casual dan aktif. Karena nggak mau baju yang pasaran, jadi seringkali saya mendesain sendiri model yang aneh, sedikit norak. Saya juga sering lupa umur dalam memilih baju bergaya anak muda. Walaupun masih jauh dari modis, Alhamdulillah- nggak sampai krisis percaya diri.

Setelah berhijab, terus terang, saya masih mencari-cari busana muslimah yang sesuai dengan karakter saya. Saya sih lebih suka padu padan atasan dan bawahan. Sejauh ini saya belum berminat pakai gamis terusan. Hm, gimana ya, bukan apa-apa, hanya belum sreg saja. Merasa karakter saya belum bisa mengenakan gamis. Selain itu saya kerja kantoran dan sering naik angkutan umum, paling nyaman mengenakan atasan dan celana panjang atau kulot lebar. Tentunya, saya tetap berusaha mendekati "syar'i" atau minimal lebih "sopan" dari baju-baju saya sebelum berhijab.
Awalnya saya berniat tidak membeli baju lebaran tahun ini. Pasalnya lebaran waktunya dekat dengan persiapan anak sekolah, jadi budget rumah tangga tersedot untuk kebutuhan sekolah. Lagipula saya paling malas berburu baju lebaran di mal atau pasar. Enggan rasanya kalau harus desak-desakan. Rencananya nanti saja pasca lebaran mau beli baju baru buat kerja.

Tapi niat saya goyah sewaktu melihat aneka koleksi model baju muslim terbaru I.K.Y.K di Blibli.com. Gaya busana berbeda dari I.K.Y.K cukup menarik perhatian.  I.K.Y.K adalah brand baju karya desainer Anandia Putri. Koleksi I.K.Y.K cocok untuk mereka yang berhijab maupun yang tidak berhijab. Desain baju I.K.Y.K simpel, moderen, unik, sedikit tomboy, casual tapi tetap bisa anggun jika dipadu padan dengan rok.



Alasan saya memilih baju Koleksi I.K.Y.K :
  • I.K.Y.K kebanyakan berbahan natural, seperti katun yang lembut, tidak gerah dan tidak mudah kusut. Lagi-lagi cocok dengan karakter saya yang paling anti baju yang gerah saat digunakan. Buat saya, kualitas bahan adalah syarat nomor satu. Sekeren apapun modelnya kalau bahannya nggak nyaman pasti hanya akan menjadi hiasan lemari.
  • I.K.Y.K baju muslim modern yang bisa buat bergaya di hari lebaran, sekaligus cocok buat kerja atau jalan sehari-hari. Menurut saya membeli baju lebaran itu jangan hanya yang bisa dipakai sesekali saja, lebih baik membeli baju yang bisa dipakai untuk berbagai aktivitas. Selain hemat budget, juga tidak mubazir. 
  • Desain I.K.Y.K terlihat simpel, casual namun anggun. Warna - warnanya kalem, tidak terkesan glamour. Ini cocok dengan karakter saya yang sederhana. Ecieee! *muji diri sendiri*
  • I.K.Y.K bergaya unik, terinspirasi dari baju khas Asia seperti Jepang, Korea dan India. Nggak pasaran deh!
  • I.K.Y.K bersiluet longgar sehingga cocok dikenakan oleh orang berbadan langsing maupun sedikit gemuk seperti saya ini. Bagian pinggangnya lurus sehingga bisa menyembunyikan lekuk pinggang dan perut.
  • Bahan baju I.K.Y.K tidak menerawang walaupun tipis dan ringan. Itu karena seratnya padat. Memang seharusnya baju muslimah mampu menyembunyikan lekuk tubuh dan tidak transparan.
Setelah pilih-pilih, saya membeli I.K.Y.K Rei atasan muslim warna Navy Blue. Atasan ini cocok dipadu padan dengan bawahan warna hitam, krem muda, abu muda, putih ataupun jeans. Mau gaya resmi bisa, gaya santai pun bisa. Kebetulan saya sudah punya bawahan yang sesuai, yaitu kulot lebar warna abu-abu muda dan jeans.
Saya sudah langganan berbelanja online di Blibli.com. Saya pernah menuliskannya di blog ini juga tentang pengalaman membeli oven di Blibli.com. Kesan yang sama saya dapatkan seperti ketika membeli baju di Blibli.com kali ini, yaitu mudah, nyaman, aman dan terpercaya. Oiya, saya membayar pembelian di Blibli.com dengan menggunakan kartu kredit BNI. Untuk belanja atasan I.K.Y.K Rey Navy-Blue ini diskonnya lumayan banget lho, sekitar 85 ribu rupiah plus gratis ongkos kirim. Prosedurnya juga gampang, nggak ribet, dan bisa dibayar dengan dari berbagai pilihan bank.  Akhirnya, saya bisa mempunyai baju lebaran tanpa harus berdesak-desakan di pasar/mall.

Hari kemenangan pun tiba. Saya dan keluarga mudik ke Medan (kampung halaman suami) pada lebaran hari ke-3. Dalam suasana lebaran, sejak berangkat saya dan keluarga mengenakan baju semi-resmi. Pasalnya begitu tiba di Bandara Kuala Namu kami langsung disambut sanak keluarga, jadi ya dipantes-pantesin lah bajunya yang cocok untuk suasana bersalam-salaman di Bandara. Hihihi.

Ini gaya saya mengenakan blouse I.K.Y.K saat di Bandara Internasional Kuala Namu.


Saya sengaja tidak membawa banyak baju. Satu atasan I.K.Y.K bisa dipadu padan dengan bawahan dan kerudung yang berbeda. Di rumah mertua, bajunya tinggal  dicuci - kering - pakai lagi. Dua hari berikutnya, saya mengenakan atasan I.K.Y.K lagi dengan gaya kerudung yang berbeda saat bersilaturahmi di rumah saudara.




Sekilas tentang I.K.Y.K.
I.K.Y.K adalah kependekan dari I Know You Know, memiliki filosofi yang menggambarkan pemikiran wanita saat dia pertama kali memerhatikan pakaian wanita lainnya. I.K.Y.K dibangun oleh Anandia Marina Putri sejak tahun 2011.

I.K.Y.K awalnya dikreasi untuk wanita dari umur 25 tahun ke atas. Usia tersebut biasanya wanita ingin terlihat modis dalam berhijab. Gejolak jiwa mudanya juga masih kuat. Anandia juga menyukai Asian Culture, sehingga inspirasi I.K.Y.K berasal dari Jepang, Korea, Indonesia, dan India. Uniknya, siluetnya longgar dan cocok digunakan untuk bentuk tubuh manapun.

Gaya I.K.Y.K yang unik dan modern sengaja dimaksudkan agar menarik semua kalangan, baik untuk hijaber, non hijaber hingga non muslim. Siapapun tampak pantas saja mengenakan desain I.K.Y.K.


I.K.Y.K menggunakan bahan natural yang adem dan menyerap keringat. Dalam mendesain, Anandia Putri membutuhkan waktu selama tiga bulan untuk proses pembuatan satu musim koleksi. Wajar jika pengerjaannya sangat panjang, karena beberapa bahan yang digunakan terbuat dari woven, dan anyaman yang berasal dari Yogyakarta dan Bali.

Koleksi Baju Muslim di Blibli.com, dijamin asli.
Di hari ke-3 perhelatan Muslim Fashion Festival Indonesia 2016 (Muffest 2016) digelar peragaaan busana dari empat desainer muda yang berkolaborasi dengan Blibli,com. Mereka menghadirkan koleksi busana hijab siap pakai yang modis dan nyaman dikenakan. Mereka adalah Ria Miranda, Jenahara, Restu Anggraini dan I.K.Y.K. (Anandia Putri). 

Blibli.com berkomitmen memberikan kemudahan kepada pembeli untuk dapat memiliki baju muslim modern rancangan desainer terkenal. Selain ke 4 desainer tersebut, hadir pula koleksi baju muslim karya Zaskia Sungkar.

Kisaran harga baju muslim di Blibli.com relatif terjangkau dan sistem pembayarannya pun mudah. Tersedia opsi cicilan 0% untuk pembelanjaan di atas Rp.500.000 dengan kartu kredit. Dan yang penting, adalah jaminan keaslian barang dari Blibli.com. Jadi kalau beli melalui Blibli.com dipastikan baju muslim yang dikirim adalah asli dari produksi dari para desainer tersebut.

Demikian pengalaman lebaran saya bergaya beda dalam berbusana muslim dengan koleksi I.K.Y.K.  
Tak lupa, untuk teman-teman semua saya ucapkan "Selamat Idul Fitri 1437H. Mohon maaf lahir dan batin."



Referensi:
http://www.money.id/fashion/ikyk-modest-wear-yang-terinspirasi-dari-telepati-wanita-1603236.html
http://tabloidnova.com/Mode-Dan-Kecantikan/Mode/Busana-Hijab-Simpel-Yang-Adem-Dari-4-Desainer-Di-Muslim-Fashion-Festival-Indonesia-2016

21 komentar:

  1. Bisa gaya juga kaaan. Keren ah...

    BalasHapus
  2. cantik mbaak..bentar lagi dapat tawaran bintang iklan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aiiih...jadi malu. Iklan ibu2 wkwkwk

      Hapus
  3. Apiik, cantiik. Kok bisa pas milihnya pinter...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas beneran, nutupi perutku yang tak langsing lgi

      Hapus
  4. Bagus, suka sama model pakaian muslimnya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baju muslim moderen gini enak buat ke kantor juga

      Hapus
  5. Mbak Arin cantikkk, jadi imut gituuuu, cocok bajunya mbak, nah gitu atuh sering-sering menghadap kamera sambil bergaya ehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makassssih... *blushing*
      Aku kurang pede jadi model wkwk

      Hapus
  6. bajunya pantes banget mba :D jadi pengen karena ukurannya longgar cocok buat badan saya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipilih.dipilih...keren2 memang. Suer..

      Hapus
  7. Gayanya udah luwes, kookkk. Good luck with the contest!

    BalasHapus
  8. Agak susah ya nyebutnya :p tapi koleksinya simple dan ngga banyak atribut. Model-model kaya gitu yang aku suka. Sesuai sih sama kepribadian, ngga suka yang bikin ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih? Spelling in english sih.bunyinya I Kei Wai Kei.

      Hapus
  9. bajunya cantik, yang make juga gak kalah cantik, salam kenal mba, sukses selalu

    BalasHapus