Selasa, 30 Agustus 2016

SMSBunda, Sahabat Masa Hamil dan Menyusui


Bermula dari rasa penasaran, kira-kira 2 bulan yang lalu saya mendaftarkan nomor ponsel dalam program SMSBunda. Program SMSBunda ini adalah program dari Kementerian Kesehatan RI berisi info kesehatan masa kehamilan hingga masa menyusui yaitu anak berusia 2 tahun. Pendaftar akan mendapatkan sms secara gratis.

Program SMSBunda ini dibuat dengan tujuan untuk menekan angka kematian ibu hamil, melahirkan dan bayi. Dengan memberi edukasi sejak awal kehamilan hingga masa menyusui, diharapkan ibu dan keluarganya akan mampu merawat bayinya dengan benar dan paham langkah yang perlu dilakukan saat komplikasi terjadi. 

Hingga saat ini, SMS (pesan singkat melalui ponsel) adalah media yang paling luas jangkauanya di seluruh Indonesia. Sementara internet dan media cetak belum menjangkau ibu-ibu di daerah, SMS mampu menjangkau masyarakat di daerah yang jaringan selulernya telah terpasang. 

Berhubung saya tidak sedang hamil, bahkan anak-anak saya sudah tergolong besar, saya mencoba dengan simulasi Hari Perkiraan Lahir (HPL). Saya buat seolah HPL adalah 2 Juli 2016. Sengaja saya pilih tanggal terdekat, karena saya ingin tahu seperti apa kira-kira sms-sms yang akan saya terima ketika sudah 'melahirkan'. (note : maksudnya melahirkan adalah simulasi ketika HPL tiba).

Cara daftarnya gampang, tinggal ketik SMSBunda kirim ke 08118469468 dan ikuti petunjuk berikutnya.

Hari-hari menjelang "melahirkan", saya diingatkan untuk memeriksakan diri ke bidan jika merasa akan melahirkan dengan membawa barang-barang yang telah dipersiapkan. Dan tepat di hari perkiraan lahir, SMSBunda memberikan ucapan selamat. Beneran, saya jadi merasa diperhatikan.

Bagaimana jika ternyata hari lahir tidak sesuai perkiraan? Ada caranya untuk mengganti hari lahir sehingga informasi harian yang kita dapatkan sesuai dengan kebutuhan.


Sms-sms saya terima hampir setiap hari. Bahkan ada yang sehari lebih dari satu kali sms. Informasi yang diberikan mengikuti kebutuhan pada umumnya sesuai simulasi usia bayi. SMSBunda mengingatkan saya untuk menjaga 2 hal sekaligus, yaitu bayi dan diri ibu sendiri.

Berikut adalah beberapa contoh SMSBunda yang saya terima :
  • H-1 : Bunda, segera ke fasilitas kesehatan (puskesmas) jika bunda merasa akan melahirkan, bawa semua yang sudah dipersiapkan.
  • H : Jaga bayi agar selalu hangat. Jika berat bayi kurang dari 2500 gram lakukan perawatan metode Kangguru. Tanyakan caranya pada bidan/perawat/dokter.
  • H2 : Bunda, segera minum 1 kapsul vitamin A warna merah segera setelah melahirkan dan minum lagi 1 kapsul keesokan harinya. 
  • H3 : Pada hari 1-3 hari pertama, produksi ASI biasanya masih sedikit tapi cukup bagi bayi dan akan bertambah sesuai dengan kebutuhan bayi.
  • H4 : Jika badan bayi terlihat kuning, kaki dan tangan erasa dingin, mata bernanah seera bawa bayi ke Bidan/dokter, jangan tunda.
  • H5 : Saatnya pemeriksaan ibu dan bayi yang kedua. Pastikan bayi sudah mendapatkan imunisasi HB0 sebelum usia 7 hari.
  • H7 : Selama masa nifas, bunda dianjurkan memeriksakan kesehatan sebanyak 4 kali, waktunya bersamaan dengan pemeriksaan bayi. Pada kunjungan ke 4 untuk pelayanan KB.
  • H17 : 3 Minggu pertama menjadi bayi pasti bunda merasa lelah, jangan kuatir rasa lelah itu akan hilang saat bunda melihat bayi bertumbuh sehat. Istirahat dan makan cukup serta minum air.
  • Dan seterusnya.


SMSBunda adalah Sahabat Ibu.

Hamil dan menyusi adalah masa penting dan berat bagi seorang perempuan. Perubahan fisik, dan hormonal membuat terjadinya morning sickness, swing mood, penurunan daya tahan tubuh dan problema lainnya. Tidak heran jika masa-masa ini seorang itu  cenderung labil dan stress. Dampaknya bisa beresiko ringan hingga berat.

Pada masa sulit itulah ibu butuh pendampingan. Namun kebanyakan, ibu hamil adalah pasangan suami-istri yang telah memisahkan diri dari rumah orangtuanya. Calon ibu baru seringkali sendiri saat suami sedang bekerja. Sedangkan ibu hamil yang telah mempunyai anak, akan mempunyai dua tugas sekaligus, yaitu hamil dan merawat anak. 

Pendampingan yang diperlukan oleh ibu tidak hanya pendampingan dalam bentuk fisik, misalnya dengan adanya pembantu rumah tangga. Ibu butuh sahabat tempat berkeluh kesah, yaitu sahabat yang mampu menjawab kegelisahan dan keingintahuannya.  Di sinilah SMSBunda dihadirkan untuk menjadi salah satu dari sahabat ibu. 

Membedakan Mitos dan Fakta.

Flashback di masa-masa saya menjadi ibu baru, saat itu yang saya merasakan tekanan lingkungan jauh lebih berat dari problema yang saya alami sesungguhnya. Saya merasa, setiap orang yang saya temui memberikan "nasehat" bertubi-tubi hingga ujung-ujungnya saya malah bingung mana yang benar atau salah. Saya sulit membedakan yang mana mitos, yang mana fakta.

Katanya, kalau pup bayi encer itu artinya lagi diare dan harus diberi makan pisang. Hal itu adalah mitos, jadi jangan dilakukan. Pup bayi encer itu wajar karena bayi hanya mengonsumsi ASI. Justru pemberian pisang pada bayi baru lahir bisa menyumbat usus bayi yang masih sangat kecil dan tipis.

Yang katanya bayi ASI lebih sehat, itu adalah fakta. Karena ASI adalah makanan terbaik bayi. Berbagai penelitian ahli gizi dan medis telah membuktikan ASI mengandung nutrisi yang baik untuk pertumbuhan dan daya tahan tubuh bayi. Karena itu saya pun bersikeras memberi bayi saya ASI ekslusif di usianya 0-6 bulan. Saya tidak goyah ketika ada yang bilang, "Kalau bayi menangis terus tandanya kurang kenyang dan perlu tambahan perlu susu botol." Saya tahu itu rayuan menyesatkan. Tenang Bu, boleh dong bayi menangis. Mendingan saya saja yang minum susu. Biarlah bayi saya minum ASI.

Waktu itu saya tahu dari banyak membaca majalah-majalah kesehatan ibu dan bayi. Ilmu pengetahuan terus berkembang untuk kesejahteraan manusia. Termasuk di dalamnya ilmu pengetahuan tentang kesehatan ibu dan bayi. Semakin saya membaca, semakin saya tahu mana yang mitos, mana yang fakta. Saya pun semakin percaya diri menentukan langkah yang terbaik dalam pengasuhan bayi. Jika ada yang menasehati ini-itu, saya bisa menyaring mana yang benar dan boleh diikuti, dan mana yang tidak.

Saya beruntung karena bisa menjangkau media informasi berupa majalah dan buku. Namun bagaimana ibu-ibu yang ada di daerah-daerah? Dengan hadirnya program SMSBunda, diharapkan semakin banyak informasi yang benar tersampaikan kepada para ibu hamil dan menyusui di seluruh Indonesia. 

Dari deretan sms-sms yang saya terima, saya yakin akan membawa manfaat yang besar apabila ibu hamil dan menyusui mendaftarkan nomor handphonenya untuk program SMSBunda.
Manfaat dan keunggulan SMSBunda :
  • Memberikan informasi yang benar dan terpercaya bagi ibu di masa kehamilan dan menyusui.
  • Menenangkan ibu hamil dan menyusui.
  • Memberi support ibu hamil dan menyusui.
  • Mengingatkan ibu pada periode-periode tertentu di saat harus imuniasi, minum obat atau periksa ke dokter.
  • Mengingatkan ibu tentang gejala-gejala darurat pada ibu dan bayi yang harus diwaspadai.
  • Memberikan informasi secara gratis dan mudah. 
Program SMSBunda ini telah mendapatkan respon sangat baik oleh masyarakat. Saya tahu informasinya dari website SMSBunda http://smsbunda.or.id/. Sejak diperkenalkan bulan April 2014 oleh Kemenkes berkerjasama dengan JHPiego, hasilnya pada Desember 2015 telah tercapai lebih dari 100.000 pendaftar dari 209 kabupaten/kota. Dan pada Februari 2016 meningkat menjadi 188.408 pendaftar dari 222 kabupaten/kota. Dalam satu bulan, yaitu januari 2016 tercatat 1.022.464 SMS dikirimkan kepada pelanggan.

Yang menarik, 15% mendaftar melalui penjaringan, 10% didaftarkan oleh bidan dan 75% mendaftar langsung dari ponsel. Ini artinya, inisiatif masyarakat untuk mendaftar sangat besar karena keinginan mereka mendapatkan informasi seputar hamil dan menyusui. Dengan semakin banyaknya ibu hamil dan menyusui yang teredukasi, SMSBunda diharapkan mampu mengurangi Angka Kematian Ibu dan Bayi hingga 25%. 



Hingga saat ini saya masih berlangganan SMSBunda. Dalam simulasi anak saya baru berusia 3 bulan. Artinya masih akan mendapatkan SMSBunda dalam 21 bulan ke depan. Saya rekomendasikan buat ibu hamil dan menyusui untuk mendaftar. Untuk semua informasi bermanfaat tersebut, kita tidak perlu membayar alias gratis.

22 komentar:

  1. Masa saya kecil belum ada ya Ma?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mama baca rajin majalah waktu itu. Kalau sekarang bisa pakai hp.

      Hapus
  2. makin canggih aja skrg ya, khayalanku SMSBunda mirip robot bidan yg setia selalu memberikan alarm buat bumil :-)

    BalasHapus
  3. benar banget Mba Arin, penting banget bagi ibu hamil untuk mendapatkan pengetahuan tentang kehamilan, persalinan dan perawatan bayi, apalagi bagi ibu yang tinggal di daerah dan belum terjangkau internet.. Smsbunda menjadi alternatif untuk memberi informasi yang diperlukan ibu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jaringan selular pun diharapkan semakin luas menjangkau daerah pedalaman

      Hapus
  4. Ngematke tulisane njenengan, detail banget ya, tulisan sang juara, heheheh.
    Sms Bunda, bagus ya, membantu benar buat ibu yang membutuhkan info tapi tidak mungkin untuk keluar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe..semoga bermanfaat ya buat semuanya

      Hapus
  5. Bner2 aplikasi yg ramah masyarakat klo bs lwt sms ya mak.. g perlu donlot2 aplikasi .. so personal .. good luck mak say

    BalasHapus
  6. Wah, makin gampang aja ya sekarang. Dulu mah kudu banyak baca di buku atau majalah. Sms ini lebih praktis ya dibanding internet. Buat ibu2 yang sering galau sinyal, aplikasi ini paling pas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kendala sinyal bisa diatasi dalam hal ini. Semoga jaringan selular pun makin menjangkau

      Hapus
  7. sekarang mah makin canggih yaa, mempermudah Bumil , Busui memperoleh informasi cukup lewat aplikasi henpon.
    Moga sms bunda membantu para ibu2 muda terutama untuk selalu meng-apdet info2 penting ttg kehamilan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal gimana menyosialisasikan program ini lebih luas.

      Hapus
  8. wah baru tau soal SMSBunda ini, lengkap banget ya ngingetin kita untuk melakukan hal2 penting buat si kecil...

    BalasHapus
  9. Akuh penngen hamil hehehe... Tp keren juga yaa layanannya 😂 salut

    BalasHapus
  10. jadi makin mudha ya mengakses info kesehatan terutama untuk bumil

    BalasHapus
  11. jadi makin mudha ya mengakses info kesehatan terutama untuk bumil

    BalasHapus
  12. Wah, sangat bermanfaat ya bagi ibu hamil, jadi ibu hamil akan happy banyak ilmu

    BalasHapus
  13. Wahhh ini keren.. Aku lagi googling-goggling tentang masa hamil dan menyusui ehh digiring google kemari.. Thanks infonya ya mba.. :)

    BalasHapus