Minggu, 09 Oktober 2016

Get Ready To Parenthood | Prenagen Pregnancy Educational Journey 2016


"Menjadi seorang Ibu adalah harapan dan bukti nyata saya." 
Ungkapan tersebut ditulis Ibu Ayu Sintya dalam selembar kertas yang ditempelkan pada papan Wish Card Prenagen. Padanya tersirat sebuah harapan dan tekat seorang ibu untuk memberikan yang terbaik bagi buah hatinya.

Ibu Ayu adalah satu dari ribuan pasangan suami istri yang hadir pada acara Prenagen Pregnancy Educational Journey, pada 1 Oktober 2016, di Hall Senayan City Jakarta. Mereka bersemangat untuk tahu lebih banyak mengenai persiapan menjadi orang tua sejak masa perencanaan kehamilan, hamil dan masa menyusui.

Up grade pengetahuan terkini mengenai kehamilan dan menyusui masih saja menarik buat saya walaupun anak bungsu sudah SD. Pertama, saya ingat betul bagaimana dulu "berjuang" mencari kebenaran fakta demi menepis mitos seputar hamil dan menyusui. Kedua, up grade ilmu ini bukan hanya untuk diri sendiri, juga untuk disebarkan kepada teman-teman lingkup sekitaran saya yang mungkin membutuhkan. Dan ketiga, walaupun masih lama, kelak saya ingin menjadi nenek yang sadar ASI :) 

Saya hadir pukul 7 pagi di Senayan City, dan sepagi itu suasana sudah ramai dan antrian meja registrasi Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ 2016) sudah mengular. Walaupun tiket masuk dibeli dengan cara tiket online. Waaah, semangat sekali para ayah dan ibu hadir di acara ini.

PPEJ 2016 Jakarta terbagi dalam 2 kelompok rangkaian acara. Yang pertama adalah sesi bebas dimana peserta bisa memilih booth mana saja yang ingin dikunjungi. Pada sesi ini berjalan secara pararel kelas Pra Kehamilan, Kehamilan dan Menyususi. Pada masing-masing kelas dipandu oleh Dokter dan Bidan dari Rumah Sakit Asih Jakarta. Pada sesi bebas ini juga ada booth entertain seperti kelas Nutrisi Sehat, Store Prenagen dan Photo Booth. 

Pada pukul 09.00 - 12.00 ada sesi Talkshow Awali Kehidupan Terbaik Si Kecil yang diadakan di ballroom dan diikuti serentak oleh seluruh peserta. Hadir sebagai narasumber adalah Mona Ratuliu, Dokter Boy Abidin SpOG (K), Roslina Verauli PSi Psikolog Anak dan Irene F Mongkar pakar stimulasi anak.

"Ibu Sehat, Indonesia Sehat" adalah tagline kampanye Prenagen tahun 2016 ini sebagai wujud Prenagen Peduli. Harapannya, dengan semakin banyak calon ibu dan ibu teredukasi untuk menjaga kehamilan sehat, semakin berkurang angka kematian ibu melahirkan di Indonesia. 

KELAS PRA KEHAMILAN.
Kelas Pra Kehamilan ini diperuntukkan bagi pasangan yang tengah merencanakan kehamilan, baik mereka yang belum pernah punya anak maupun mereka yang menginginkan anak ke dua dan seterusnya. Di kelas ini, Dokter membahas aneka hal yang berhubungan tentang persiapan kehamilan, asupan gizi agar cepat hamil, dan menyiapkan mental sebelum calon ibu benar-benar hamil.

Dalam merencanakan kehamilan, pasangan suami istri harus tahu kapan waktu efektif agar bisa berhasil 'mempertemukan' sel telur dengan sperma. Karena itu penting untuk mengetahui cara menghitung masa subur. Baik yang ingin segera mendapat momongan maupun yang ingin menundanya. 


KELAS KEHAMILAN 

Kelas ini dipenuhi oleh pasangan yang istrinya tengah hamil. Di Kelas Kehamilan ini peserta mendapat penjelasan tentang proses apa saja yang terjadi saat kehamilan berlangsung, proses dalam kandungan dan gejala fisik yang dialami oleh ibu hamil. Di sini ditekankan bagaimana pentingnya peran suami saat istrinya hamil.


KELAS MENYUSUI 

Alhamdulillah, kelas ini ramai sekali, menandakan besarnya kesadaran para orangtua untuk berusaha memberikan ASI sebagai makanan terbaik bayi. Di Kelas Menyusui ini disampaikan cara-cara menyusui bayi baru lahir, asupan nutrisi untuk ibu agar kualitas ASI baik, cara memompa dan menyimpan ASI perah bagi ibu bekerja hingga cara memijat payudara. Tak hanya itu, di kelas ini juga diajarkan cara merawat bayi baru lahir, memandikan bayi , cara menggendong bayi, dan memijat bayi . Tidak hanya ibu yang tertarik mengikuti kelas ini, para ayah juga banyak yang menyimak. Jadi para Ayah bisa berperan merawat bayi dan memberi waktu lebih banyak untuk ibu beristirahat. Membanggakan sekali antusiasme para Ayah ASI ini.



KELAS NUTRISI SEHAT.
Kelas ini seru. Siapa sih yang enggak ingin belajar resep sehat dan mudah? Chef Eddrian Tjhia mengajarkan peserta cara membuat makanan sehat untuk ibu selama masa pra kehamian, hamil dan menyusui. Resep-resep yang diperagakan Chef Eddrian Tjhia bisa dilihat juga dalam buku resep yang dbagikan kepada peserta saat regristrasi. Total ada 10 resep. Semuanya kelihatan enak dan sehat.

Ibu-ibu yang “ngidam” pada awal kehamilan dan sulit makan, bisa mencoba resep-resep dari Chef Eddrian Thjia ini. Buat ibu yang ingin mengonsumsi Prenagen selama masa kehamilan, namun merasa sulit makan karena eneg pada trimester pertama, bisa mencoba resep pudding atau smoothie pisang coklat yang dikombinasikan dengan Prenagen.
Berikut menu yang terdapat dalam buku resep:
  • Menu pra kehamilan : Avocado Toast, Green Smoothies, Baby Spinach Salad, dan Sop Cream Labu. 
  • Menu kehamilan ; Semur Tahu Telur, Puding Cokelat, Tumis Daging Paprika,dan Smoothies Pisang Coklat.  
  • Menu menyusui : Sup Pepaya Muda dengan Angco, Jus Daun Katuk dengan Pisang.

Prenagen Store

Di tengah ramainya pengunjung, ada yang menyodorkan senampan aneka minuman. Waah, ini pasti Prenagen. Saya mencicip rasa coklat dan vanilla. Hmm, masih seenak dulu ketika saya mengonsumsinya pada masa saya mengandung putriku. Susu Prenagen tersedia untuk 3 masa penting ibu, yaitu Prenagen Pregnancy untuk masa pra kehamilan dan hamil, Prenagen Emesis untuk ibu hamil yang sering mengalami muntah mual berlebihan dan Prenagen Lactamom untuk asupan nutrisi Ibu masa menyusui. Agar ASI nya lancar dan berkualitas.

Eit tapi tunggu, kok ada yang bening? Langsung saya mencobanya, kebetulan lagi haus. Oooh, rupanya jus pomegranate dan anggur. Jus Prenagen ini menambah asupan vitamin dari buah-buahan. Boleh diminum oleh ibu hamil dan menyusui karena terbuat dari sari buah asli tanpa bahan kimia yang membahayakan.

Saat ini Prenagen tersedia dalam bentuk bubuk dan susu cair dengan varian rasa coklat, vanila, strawberry dan kacang hijau. Produk Prenagen merupakan susu rendah lemak dengan kandungan asam folat untuk mencegah resiko cacat tabung otak, zat besi,protein, vitamin, serat, kalsium, fosfor, omega 3 dan omega 6. Formulasinya dalam takaran berbeda sesuai periode kehamilan sang ibu. Produk Prenagen antara lain :
  • Prenagen Esensis, diformulasikan bagi calon ibu yang merencanakan kehamilan.
  • Prenagen Mommy Emesis, diformulasikan untuk ibu yang sedang hamil trimester pertama. 
  • Prenagen Mommy, diformulasikan untuk ibu hamil yang sudah tidak mengalami masalah mual muntah. 
  • Prenagen Lactamom, diformulasikan untuk ibu menyusui agar produksi ASI lancar dan berkualitas. 
Prenagen store ini laris manis karena banyak promonya. Setiap pembelian dalam jumlah nominal tertentu, pembeli bisa mendapatkan aneka hadiah langsung. Mulai dari water jug, tas, hingga mainan stimulan anak. Mau, mau, mauuuu. 


Photo Booth.

Hyaaa. Kalau ingat bagian ini saya ingin mengulang lagi. Saya bela-belain antri untuk berfoto berdua dengan Rina Susanti. Panitia PPEJ 2016 sengaja menyediakan photo booth yang siapa saja boleh berfoto di sini. Para ibu, ayah dan anak bisa foto keluarga dengan fotografer profesional. Backgroundnya juga lucu. Setelah foto, kami mendapatkan print out sebanyak masing-masing orang yang ada dalam foto. Dan, semuanya itu gratis lho.






TALKSHOW AWALI KEHIDUPAN TERBAIK SI KECIL.

Tepat pukul 09.00 acara inti dari PPEJ 2016 Jakarta ini dimulai. Dua orang penari Belly dance menggebrak panggung dengan tarian untuk ibu hamil. Selanjutnya hadir sebagai host adalah Cisca Backer. Ball room penuh berisikan para calon dan orangtua yang ingin menimba ilmu. Sejenak Cisca berbincang dengan dokter dan ahli nutrisi dari Kalbe Nutrition memperkenalkan Prenagen dan pentingnya Prenagen untuk masa hamil dan menyusui.


Kemudian hadir Mona Ratuliu, praktisi parenting yang berbagi tentang perasaan sebagai ibu. Baginya, kehadiran setiap anak itu selalu menjadi pengalaman pertama. Penglaman pertama punya anak satu, pengalaman pertama punya anak dua dan seterusnya.



Selanjutnya yang ditunggu-tunggu, tiga pakar beraksi dalam talkshow interaktif yang menarik. (Ketiga pakar ini lengkap sekali pemaparannya. Peserta dibagi CD berisi materi seminar sehingga bisa dipahami kembali di rumah.)

Dr. Boy Abidin, SpOG(K) tampil pertama. Dokter yang ramah, ganteng dan berpostur tinggi ini memaparkan tentang pentingnya masa awal kehidupan si kecil sejak saat pembuahan terjadi hingga 1000 hari berikutnya. Para orang tua jarang menyadari kapan pembuahan terjadi dan baru tahu dirinya hamil setelah telat haid. Seandainya disadari lebih awal, tentunya persiapan orang tua semakin baik dalam menjaga kehamilan. Yang menarik adalah tampilan video USG 4 dimensi janin yang tengah dalam kandungan. Duh, terharu lihatnya. Amazing.

Pada sesi kedua, tampil  Psikolog Anak dan Keluarga, Roslina Verauli,Psi atau biasa disapa Mbak Vera. Beliau banyak membahas tentang bagaimana menjadi ibu hamil yang bahagia karena apa yang dirasakan ibu selama kehamilan sangat berpengaruh pada tumbuh kembang bayi, bahkan sampai kehidupannya di luar rahim. Semakin baik pasangan suami istri mempersiapkan semakin bisa menekan stres, maka semakin bahagia sang ibu dalam menjalani kehamilan. Mba Vera mencontohkan afirmasi positif bagi ibu, bagaimana ibu harus mencari informasi sebanyak mungkin untuk meningkatkan kesiapan masa hamil dan merawat anak, dan bagaimana bersikap relax menghadapi keluhan-keluhan semasa hamil.

Usai sesi kedua, peserta talkshow dihibur dengan hadirnya kembali dua penari Belly Dance. Kali ini mereka mengajak beberapa ibu yang tengah hamil untuk maju ke depan dan berlatih menari bersama. Tarian Belly dance yang diperagakan ini ringan dan aman untuk ibu hamil.

Teeeettt! 

Suara terompet memecah suasana. Pembicara ketiga hadir dengan suara terompet dan alat perkusi lainnya. Semula saya kira alat musik biasa, ternyata merupakan alat-alat stimulasi pada bayi. Beliau adalah Irene F. Mongkar, pakar stimulasi motorik anak.

Bubun Irene (panggilan akrabnya) membawa sekotak besar alat peraga. Dalam kotak itu ada banyak macam alat-alat yang digunakan untuk menstimulasi bayi. Menurutnya, selain nutrisi, stimulasi terhadap anak adalah faktor yang dapat merangsang daya tanggap. Bayi yang distimulasi dengan baik dalam masa 1000 hari pertamanya akan berkembang dengan baik pula di kehidupan setelah dewasa. Artinya rangsangan diberikan sejak masa kehamilan hingga anak usia 2 tahun.

Stimulasi pada anak harus dilakukan secara sadar, tidak hanya sekedar sambil lalu. Ayah dan ibu bisa mengayun, mengguling-gulingkan, memijat dan banyak gerakan lainnya yang aman dan ringan, namun banyak manfaatnya.


Bubun Irene menutup acara ini dengan sangat indah. Masing-masing pasangan diminta berpelukan dan memegang perut sang istri. Lampu Ballroom dipadamkan. Sorot layar menampilkan video clip dengan lantunan sebuah lagu. 

Hanya satu pintaku. 
Tuk memandang langit biru, di pangkuan seorang ibu.
Hanya satu pintaku.
Tuk bercanda dan tertawa, di pangkuan seorang ayah.
Apabila ini, hanya sebuah mimpi,  
kuselalu berharap dan tak pernah terbangun.  
Hanya satu pintaku,
Tuk memandang langit biru, di pangkuan ayah dan ibu. 

Setelah lagu berakhir, para pasangan diminta saling memegang pundak dan saling menatap sambil berucap "Kita adalah orangtua hebat".  
Afirmasi positif yang akan membangun harapan para ayah dan bunda pada buah hati mereka kelak.

Hati saya pun meleleh. Huhuhu. Pengen memeluk anak-anakku. 

Berlembar-lembar harapan tertempel rapi pada papan Wish Card. Merupakan bagian dari program Prenagen Peduli.  Setiap harapan yang dituliskan, berarti telah menyumbang Rp.1000 kepada ibu hamil di daerah terpencil.




Kita bisa berpartisipasi mengikuti gerakan Prenagen Peduli "Ibu Sehat, Indonesia Sehat.". Caranya, follow twitter dan instagram @PRENAGENworld lalu tulis harapan Ibu beserta foto dan mention @PRENAGENworld menggunakan hashtag #PRENAGRAM.  Gerakan ini berlaku mulai 1 April hingga 31 Oktober 2016






Info Lengkap :


Twitter: @PRENAGENworld

Instagram: @PRENAGENworld


Youtube: https://www.youtube.com/user/PrenagenWorld

#PPEJ2016JKT #PRENAGENPeduli #IbuSehatIndonesiaSehat #Prenagram

3 komentar:

  1. Keren acaranya. Gak rugi ikut Mama

    BalasHapus
  2. Banyak banget ya kegiatannya. Penting semuanya buat ibu hamil. Jadi inget masa hamil deh....

    BalasHapus
  3. Wah bagus ya acaranya. Sayang gak jadi ikut karena bentrok dgn yang lain.

    BalasHapus