Rabu, 30 November 2016

Insiden Mobil Mogok, Tertolong Shop & Drive - Aki #GSAstraDelivery



Persoalan hidup banget, kalau saat mobil parkir beberapa saat, eh giliran mau pulang malah nggak bisa distarter. 
Berdesis pun tidak. 
100% mesin diam.

Itu tandanya aki mobil sudah mati alias habis. Seringkali tanpa tanda-tanda sebelumnya. Ujug-ujug berhenti. Rasanya tak berkutik mendapati aki mobil mati. Kalau mobil sedang di rumah posisinya, tentu tidak akan sepanik yang kami alami. Masalahnya, saat jauh dari jalan umum dan angkutan umum. Mau jalan kaki ke bengkel untuk beli aki? 

Dua kali kami mengalami mobil mogok karena aki mati. Kejadian pertama tahun 2009, suatu hari saat kami parkir mobil di halaman sebuah mal. Setelah lelah berbelanja, kami kembali ke mobil. Eh, ketika mau distarter, mobil tak bersuara sedikitpun. Berhubung pengalaman pertama, paniknya bukan main. Setelah menelepon teman yang mengerti masalah mobil, disarankan untuk ganti aki. Yang kemudian kami lakukan adalah mengangkat aki dan membawanya ke bengkel sebagai contoh saat membeli aki baru dengan jenis yang sama. Kebayang kan beratnya bawa-bawa aki ke bengkel dengan menggunakan angkutan umum. Terkesan konyol kan? Untung masih bisa naik angkutan umum. 

Ya, ya, ya –tetap saja untung ditengah musibah.



Kali kedua terjadi tahun 2014, ketika parkir di halaman sekolah anak di Dramaga Bogor. Ceritanya kami sedang menghadiri acara pentas akhir tahun. Sekolah anakku memang sepi, jauh dari jalan raya. Usai pentas, kami mau pulang. Begitu mau distarter mobil tidak bergeming, kami langsung berkesimpulan "Wah, akinya mati lagi”. Kami lupa mencatat tanggal pembelian aki sebelumnya untuk bersiap-siap. Setahu saya, aki tahan kurang lebih selama 18 bulan. 



Suami saya sudah lebih siap saat itu. Beliau sudah menyimpan nomor Call Shop & Drive untuk minta dikirim Aki #GSAstraDelivery. Outlet terdekat dari situ adalah di Shop & Drive di Jalan Sholeh Iskandar, Bogor. Kami memang sudah langganan di sana untuk servis mobil rutin, terutama menjelang perjalanan jauh atau mudik. Akan tetapi memang baru kali itu kami mencoba layanan pesan antar Aki #GSAstraDelivery. Responnya terbukti sangat cepat, 30 menit kemudian aki diantarkan oleh petugas Shop & Drive. Sang petugas langsung mengganti aki saat itu juga dan mobil pun aktif kembali. 

Layanan pesan antar Shop & Drive Aki #GSAstraDelivery ini siap dengan bukti pembayaran transaksi juga lho, jadi transaksi terpercaya dan kami mendapatkan jaminan bahwa aki yang kami beli adalah baru. Yup, kami menerima Aki GS Astra yang benar-benar baru dalam kardus bersegel. 

Oiya, kebetulan waktu itu uang di dompet kami pas-pasan. Kepanikan terjadi lagi, mau bayar pakai apa dong? Untungnya, petugas Shop & Drive memberitahu alternatif pembayaran dengan kartu kredit atau kartu debit. Si mas petugas membawa mesin EDC kok. Akhirnya gesek deh, dan kami nggak perlu repot-repot tarik tunai di ATM.



Keunggulan AKI GS Astra
Aki GS Astra adalah calcium battery yang bebas perawatan, didesain khusus untuk iklim tropis, dan memiliki daya starter lebih besar. Aki GS Astra telah dilengkapi handle atau pegangan sehingga mudah saat dipindahkan. Aki ini juga memiliki indikator elektrolit untuk mendeteksi kondisi aki. Produk ini telah berstandar SNI dan telah mendapatkan sertifikasi dari Quality and Environment Management System, yaitu terdiri dari sertifikat ISO/TS 16949, ISO 9001, dan ISO 14001.

Aplikasi Mobile
Kini telah tersedia aplikasi mobile Shop & Drive. Saya sudah mengunduhnya di Playstore. Ada 6 layanan utama yaitu mencari lokasi outlet terdekat, emergency call, layanan membeli aki, bantuan masalah aki, pengingat jadwal service, dan informasi promo.


Perawatan mobil di Shop & Drive.

Semudah itu delivery aki oleh Shop & Drive Aki #GSAstraDelivery, namun tetap lebih baik berjaga-jaga dengan merawat kondisi kendaraan. Secara berkala suami saya membawa mobil ke Shop & Drive untuk melayani pemeriksaan kondisi mobil. Karena kuatir aki habis ditengah jalan, bulan lalu kami memeriksakan kondisi aki apakah sudah waktunya ganti atau belum. Pasalnya, alarm di ponsel saya sudah mengingatkan bahwa waktu itu sudah setahun dari ganti aki terakhir. Ternyata setelah dicek, kondisi aki masih bagus dan bisa bertahan sekitar 3-4 bulan lagi.

Selain pesan antar Aki #GSAstraDelivery sebagai layanan yang sangat membantu, Shop & Drive menjual aneka suku cadang dan perlengkapan mobil. Shop & Drive merupakan bisnis retail otomotif milik Astra Otoparts dan saat ini telah memiliki lebih dari 360 outlet tersebar di seluruh Indonesia. Di Kota Bogor, sudah banyak ditemukan Shop & Drive. Kami sudah mencoba 2 outlet di antaranya yaitu di Jalan Sholeh Iskandar dan di Jalan Padjajaran, Bogor. Dari hasil mencoba 2 outlet Shop & Drive, yang kami rasakan adalah pelayanan cepat, pergantian suku cadang yang cepat dan servis yang berkualitas. Antara outlet - outlet tersebut memiliki kualitas kinerja dan layanan yang sama, ramah dan terstandar. Mau di outlet Shop & Drive manapun, layanannya sama kok.



Konsep bisnis Shop & Drive fokus pada fast moving parts, quick service, dan related service hingga saat ini. Konsep Bisnis ini hadir dalam 2 (dua) tipe outlet, yaitu Shop & Drive dan Super Shop & Drive. Keduanya bisa melayani penggantian oli, aki, shock absorber, dan lainnya. Sedikit yang membedakan adalah bahwa Super Shop & Drive juga melayani penggantian ban & spooring balancing.

Selain 3 produk utama tersebut, Shop & Drive menyediakan beberapa produk pelengkap & aksesori, seperti wiper (karet pembersih kaca depan), filter (filter AC, filter Oli, filter udara), dan produk chemical (air aki, aki zuur, cairan pembersih ruang mesin, cairan pembersih kaca mobil, cairan pendingin radiator, minyak rem, bola lampu depan mobil, pewangi mobil, dll.

Hingga saat ini, soal belanja suku cadang otomotif belum ada yang menyamai kenyamanan di Shop & Drive. Ketika kita datang, tinggal sebutkan nomor kendaraan untuk mengetahui riwayat transaksi, antara lain kapan, melakukan transaksi apa dan menggunakan merek apa. Shop & Drive juga memberikan layanan pengingat melalui SMS reminder tentang kapan waktu penggantian oli dan pengecekan kondisi aki.

Walaupun outlet Shop & Drive buka 7 hari dalam seminggu (kecuali toko-toko tertentu tutup pada hari libur nasional), suami saya tetap menelepon call center (15-000-15) untuk booking waktu kunjungan. Lebih banyak informasi layanan Shop & Drive bisa dilihat di akun facebook https://www.facebook.com/shopanddrive dan instagram: @shopanddrive

Mobil sehat bukan persoalan mobil murah atau mobil mewah, melainkan seberapa rajin kita merawat mobil dan memeriksakan kondisinya. Mudah-mudahan sih, insiden mobil mogok terulang lagi. Tapi takdir siapa yang tahu, kalaupun mendadak aki mati, ada Shop & Drive Aki #GSAstraDelivery yang siap membantu.


9 komentar:

  1. Iya mba, semoga ga kejadian lg, meskipun tenang sih udah ada shop&drive ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus rutin cek biar nggak mogok di tengah jalan

      Hapus
  2. aih.. sedepnya gak usah pake uang cash kalo kita lagi gak ada cash, pake kartu kredit n kartu debit juga bisa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari gini emang kudu terima bayaran i money kalau mau meningkatkan servis

      Hapus
  3. duh, leganya ya ada #GSAstraDelivery :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa, ada yang bisa dicalling-calling kalau mobil mogok

      Hapus
  4. Iya, pernah ngalamin dan panik gara2 aki, asyik juga ya kalau ada sms remindernya gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. lebih baik berjaga-jaga daripada kadung mogok beneran.

      Hapus
  5. Solusi yang bener bener bermanfaat banget ini GSastradellivery :D hjehe

    BalasHapus