Minggu, 06 November 2016

Kreasi Masakan Ikan ala Ibu Bekerja



Sebagai ibu bekerja, waktu saya untuk memasak tidak terlalu banyak. Pada pagi hari saya biasanya memasak makanan praktis untuk sarapan. Siang hari saya, suami dan anak-anak mendapatkan catering dari kantor dan sekolah. Kemudian saya baru memasak kembali pada malam hari.

Walau dengan waktu yang terbatas, saya tetap berusaha menyajikan variasi makanan yang berimbang. Nutrisi untuk keluarga harus terpenuhi. Kebetulan sekali, keluarga saya suka masakan ikan, terutama ikan laut. Dalam satu minggu, setidaknya ada 4 hari saya memasak ikan. Kebetulan suami dari Medan dan saya dari Trenggalek, pesisir pantai selatan Jawa Timur. Jadi kami memang terbiasa dengan masakan ikan.



Dalam memasak ikan saya banyak terinspirasi dari masakan asal daerah-daerah pantai yang terkenal dengan masakan ikannya, salah satunya adalah dari Kota Manado (Suku/Kab. Minahasa) di Sulawesi Utara. Menu masakan Minahasa ini telah banyak dijual di warung, restoran ataupun foodcourt yang menyediakan masakan Minahasa.. Bagi kami yang tinggal di Bogor, menu Minahasa sudah tidak asing lagi, antara lain cakalang woku, ikan bakar sambal dabu-dabu, ikan kuah asam, cakalang suwir pedas, ikan bakar rica-rica dan banyak lagi. Semuanya lezat dan berselera.



Sebenarnya masakan Minahasa relatif gampang dan cepat asalkan semua bumbu telah dibeli. Namun kadang-kadang ada bumbu tertentu yang kehabisan stok di rumah, jadi saya sering melakukan modifikasi. Berangkat dari sini, saya juga mencoba variasi menu masakan ikan lainnya.

Tips memasak Ikan ala Ibu Bekerja.
Dengan keterbatasan waktu, saya belanja ikan 4-5 hari sekali. Saya minta ke bapak penjual ikan untuk sekalian membersihkan ikan tersebut sehingga saat saya simpan dalam kulkas dalam keadaan bersih. Hal ini untuk menjaga kesegaran ikan agar tahan lebih lama. Begitupun belanja bumbu dan bahan lainnya. Saya belanja dalam jumlah agak banyak, dikupas dan di simpan dalam lemari es dalam keadaan siap dimasak.

Jenis ikan laut yang paling sering saya masak adalah ikan kembung, tongkol, tuna dan salmon. Tiga jenis ikan pertama bisa di beli di pasar tradisional, sedangkan ikan salmon adalah ikan impor, saya membelinya di supermarket.

Kelebihan ikan kembung adalah mudah didapat di seluruh perairan Indonesia. Jadi banyak dijual di pasar-pasar maupun swalayan yang jauh dari pantai sekalipun. Ikan kembung mengandung asam lemak omega 3 sebanyak 2,2 gram, jumlah tersebut lebih banyak daripada ikan salmon 1,6 gram. Kandungan lemak tersebut, mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh.


Ikan Kembung Kukus.
Kali ini saya akan menunjukkan satu resep mudah yaitu ikan kembung kukus. Resep ini terinspirasi dari ikan kembung kuah asam khas Minahasa. Bumbunya mungkin tidak sama persis, kadang saya gantikan dengan stok bumbu yang ada di rumah. Proses persiapan bahannya tidak sampai 5 menit dan dikukus selama 15 menit. Sangat gampang dan cepat. Cocok sekali untuk pilihan menu masakan bagi ibu bekerja. Walaupun dimasak secara cepat, ikan kembung kukus sangat lezat dan empuk.

Bahan :
Ikan kembung 1 ekor (untuk 2 orang)

Bumbu :
Cabe merah 1 buah
Cabe rawit 5 buah (tergantung selera)
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 3 siung
Tomat 1 buah
Lengkuas 1 ruas
Jahe 1 ruas
Garam 1 sendok teh
Gula 1 sendok teh

Cara membuat :
Potong Ikan kembung menjadi 2 bagian, iris semua bumbu dan masukkan semua bumbu dan bahan ke dalam wadah aluminium atau pinggan tahan panas. Kukus selama kurang lebih 15 menit.



Kandungan Nutrisi Ikan Kembung Kukus.

  • Ikan kembung (dalam 100 gram): mengandung kalori 103 kkal, protein 22 gram, lemak 1 gram, kalsium 20 mg, fosfor 200 mg, besi 1 mg, vitamin A dan vitamin B1
  • Bawang putih ( dalam 100 gram) mengandung kalori 95 kkal, protein 4,5 gram, karbohidrat 23,1 gram, lemak 0,2 gram, kalsium 42 mg, fosfor 134 mg, dan zat besi 1 mg, Vitamin A Vitamin B1 dan Vitamin C.
  • Bawang merah (dalam 100 gram) mengandung energi sebesar 39 kkal, protein 1,5 gram, karbohidrat 0,2 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 36 mg, fosfor 40 mg, dan zat besi 1 mg. Selain itu di dalam Bawang Merah juga terkandung vitamin A, vitamin B1dan vitamin C. 
  • Tomat dikenal akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan kuat seperti likopen.
  • Lengkuas mengandung mineral dan vitamin A, C, zat besi, fitonutrien, emodin, natrium, flavonoid, beta sitosterol, quercetin, dan galangin. Selain itu lengkuas juga kaya akan kandungan serat.
  • Jahe mengandung energi sebesar 51 kkal, protein 1,5 gram, karbohidrat 10,1 gram, lemak 1 gram, kalsium 21 mg, fosfor 39 mg, dan zat besi 2 miligram. Selain itu di dalam Jahe juga terkandung vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.

Enak, mudah dimasak dan bergizi. Ini salah satu resep praktis ala ibu bekerja.

Jika anda punya resep lainnya, sharing yuk.





#JelajahGizi #JelajahGiziMinahasa #Sarihusada #NutrisiUntukBangsa 

Referensi :
http://lakesma.ub.ac.id/2014/06/ikan-kembung-sebagai-sumber-omega-3-yang-baik-untuk-perkembangan-otak-janin/

http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-bawang-putih-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html

http://www.organisasi.org/1970/01/isi-kandungan-gizi-bawang-merah-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html

http://daunbuah.com/manfaat-hebat-lengkuas/

http://resepcaramemasak.org/kandungan-nutrisi-tomat

15 komentar:

  1. Ikan kembung jadi favorit keluarga ku Mbak. Paling enak digoreng kering banget terus dicocol sambel tomat, enaknyaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hadooh..mendadak jadi kepengen begitu baca sambel tomat

      Hapus
  2. enak banget ik, kalau di tempat aku yang paling ngehittss ikan nila dan ikan mas Mb. kalo yang kecil-kecil banyak ikan saluang dan sapat ^^

    BalasHapus
  3. Gitu doang, mbak? Huah...gampang banget. makan sama tumis kankung ato pecel enak yo? Okeh, okeh...ku cobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampaaang..enak jare bojoku. ayo praktek

      Hapus
  4. Saya belum pernah nih cobain dikukus kayaknya praktis dan enak. Udah gitu lebih sehat karena tanpa minyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. irit minyak..irit lemak..irit tenaga buat bakar kalori wkwkwk

      Hapus
  5. ikan apapun kalau dikukus aku suka, sebab rasa manis alami dari si ikan maish krasaaa

    BalasHapus
  6. jarang nyobain ikan kukus mau nyobain ah resepnya

    BalasHapus
  7. wah kereeen bu menang yah, selamaaatt


    by www.mydaypack.com

    BalasHapus
  8. Aku suka ikan kembung, pengen nyoba ah dikukus juga, makasih tipsnya Mbk Arin :)

    BalasHapus
  9. Wah.. dikukus ya? Belum pernah makan ikan yang dikukus ^^

    BTW, selamat menang ya^^

    BalasHapus
  10. Kok gampang, bumbunya bisa meresap ya mba? sehat dan lezat tuh

    BalasHapus