Langsung ke konten utama

Hari- hari "Switchable Me"


Ketika pekerjaan menuntut kesempurnaan, 
Sementara hobi begitu menggoda untuk dilakukan,
di situlah justru diperlukan fleksibilitas. Just switch!

Jangan dikira hanya Power Ranger, superhero yang bisa berubah dengan cepat, saya pun sering melakukannya.

Profesi saya sebenarnya hanya satu, yaitu sebagai PNS. 
Sedangkan hobi saya ada banyak : jalan-jalan, menonton film, mendengarkan musik, fotografi dan akhir-akhir ini tengah menyukai vlogging.

Tetapi, pekerjaan yang hanya satu macam itu meminta porsi paling besar baik dari segi waktu, tenaga maupun pikiran. Bahkan dalam menjalankan satu pekerjaan itu saya harus bisa berubah sewaktu-waktu. Seperti jargon “switchable me”, yaitu kemampuan untuk fleksible dan berubah sesuai kebutuhan. Jargon ini saya pinjam dari Acer, yang tengah memperkenalkan notebook Switch Alpha 12, Notebook Hybrid Intel Core Pertama Tanpa Kipas.

Mungkin lebih enak kalau saya ceritakan lebih rinci hari demi hari yang saya lalui.

Switchable Me Story 1 : Bagai kutu loncat.

Suatu hari Senin yang saya lupa tanggal berapa. Saya menggerutu kenapa pagi-pagi sudah ada undangan rapat koordinasi. Sementara mata masih mengantuk gara-gara semalam bergadang nonton Drama Korea. Rapat artinya adalah sederetan pekerjaan baru menanti. Semangat, semangat! Jangan dijadikan beban. Jadikan pekerjaan adalah tantangan. Itu tandanya saya dianggap bisa melakukannya, hibur saya pada diri sendiri.

Untungnya rapat berjalan cepat dan padat. Karena berikutnya saya ada janji dengan mahasiswa untuk konsultasi mengenai pendanaan kegiatan turun lapang. Belum usai pertemuan dengan mahasiswa, tiba-tiba telepon berdering, “Bu, bisa ke rektorat sebelum jam 12 siang? Ada berkas laporan yang perlu direvisi.” 

Zaaap! Saya menyambar handphone dan melesat ke Kantor Rektorat. 

Hari-hari saya yang lain hampir serupa itu. Dalam sehari bisa ada dua atau lebih agenda kegiatan. Seringkali dalam satu hari tidak cukup untuk menyelesaikan satu urusan.


#SwitchableMe ala Switch Alpha 12 :

Dengan mobilitas tinggi seperti itu, kapan saya bisa punya waktu leluasa memegang komputer? Yang saya butuhkan adalah notebook yang fleksible. Switch Alpha 12 bisa jadi solusi yang tepat. Notebook 2-in-1 ini memiliki ukuran tipis dan bobot yang ringan (1,25 kg) sehingga saya lebih leluasa membawanya kemana saja. Sering ada waktu tunggu yang tersia-sia. Jika saya membawa Switch Alpha 12 saya bisa memanfaatkan waktu tunggu untuk deadline di mana pun.  



Switchable Me Story 2: Menjadi Apa Saja
Saya seorang bendahara. Itulah pekerjaan utama saya. Tetapi juga bisa membantu pekerjaan rekan-rekan kantor di bagian administrasi umum, membantu menjadi administrator media sosial dan mengisi website institusi, menjadi panitia pelatihan dan seminar, membantu memberi ide untuk desain interior kantor, memberi ide untuk katering kantor. Buat saya mudah mendapatkan informasi dan inspirasi dari internet. Sepertinya ini yang membuat teman-teman senior mengandalkan saya. Membantu rekan kerja saya lakukan karena saya suka melakukannya. Buat saya ini adalah cara keluar sejenak dari rasa bosan. 
#SwitchableMe ala Switch Alpha 12 :
Seperti saya yang fleksibel mendukung jalannya roda pekerjaan di kantor, Switch Alpha 12 pun memiliki kemampuan fleksibilitas untuk mendukung aktifitas pemiliknya. Notebook Acer 2-in-1 Switch Alpha 12 juga telah dilengkapi dengan kickstand yang bisa dimiringkan hingga 165 derajat. Keyboardnya bisa dilepas – pasang dengan engsel magnetik sehingga bisa menjadi leptop atau tablet dengan mudah. Docking keyboard pada Switch Alpha 12 telah dilengkapi dengan backlit sehingga memakai keyboard di tempat yang gelap tetap kelihatan.

Switchable Story 3 : Multitasking
Ada kalanya dalam seharian saya duduk di depan meja kerja bersama tumpukan kertas-kertas, kuitansi, kalkulator, beberapa file keuangan dan email-email yang terpampang di komputer. Pantat saya terasa lengket di kursi. Yang membuat saya malas beranjak adalah begitu banyaknya target yang belum terselesaikan. Bahkan saat makan siang pun biasanya saya titip dibelikan makan siang oleh office boy. 

Kelihatannya saja saya duduk, tapi sebenarnya pekerjaan saya banyak. Otak “diperas” sampai kening menghangat.

Sialnya, ditengah banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan, pikiran saya teringat film baru yang thirllernya telah saya lihat di Youtube. Kalau pikiran sudah mendua begini, mendadak ingin segera sore dan pulang, lalu mengajak anak-anak ke bioskop.

#SwitchableMe ala Switch Alpha 12 :
 Seandainya saja otak saya memiliki Liquidloop seperti pada Switch Alpha 12, mungkin kepala saya tidak panas saat memikirkan banyak pekerjaan. LiquidLoop™ yaitu sistem pendingin yang dapat menstabilkan suhu mesin notebook tanpa kipas sehingga notebook tidak cepat panas (overheating) dan berisik bahkan saat digunakan terus menerus. Sistem fanless ini sangat membantu menghemat daya baterai sehingga Switch Alpha 12 bisa digunakan dalam waktu lama hingga 8 jam. Apalagi dengan prosesor Intel® Core™ generasi ke-6 dan OS Windows 10 membuat kinerja Switch Alpha 12 mampu diajak multitasking dengan membuka banyak program sekaligus.
Switchable Story 4: Jarak Bukan Hambatan

Salah satu job description saya adalah mencari dan memesan barang-barang kebutuhan kantor. Seringkali saya harus “berburu” barang yang diperlukan dari toko ke toko untuk mencari spesifikasi yang sesuai. Di jaman serba online ini, belanja barang tidak terbatas oleh jarak. Saya bisa mencari informasinya di internet, lalu memesannya ke toko yang berada di beda kota. Transaksi jarak jauh pun bisa dilakukan. Jarak bukan lagi hambatan sejak ada layanan e-banking. Saya biasa melakukannya dari komputer kantor.

Bicara soal jarak, ada kalanya saya harus mengikuti kegiatan di luar kantor, eh tiba-tiba Atasan saya minta data. Kalau data telah saya simpan di email, saya bisa mengirimkannya via handphone. Tetapi kalau data masih tertinggal di komputer kantor, nah ini yang repot. 



Bahkan pernah saat saya sedang berbaring sakit di rumah, sebuah pesan singkat masuk, “Rin, tolong bayarkan tagihan pembelian Jurnal Entomologi, ya.” Eaaaa, masa harus jalan ke bank?


#SwitchableMe ala Switch Alpha 12 :
Switch Alpha 12 dilengkapi standar USB terbaru, USB 3.1 Type-C. Beberapa kelebihan yang bisa dinikmati dalam Switch Alpha 12 adalah memiliki port bolak balik yang praktis dan tidak ribet. Selain itu, kamu bisa menikmati transfer data yang lebih cepat, yaitu mencapai 5 Gbps. Jadi, file-file kantor bisa dibawa dalam notebook bermuatan hingga 512 GB ini dan tinggal kirim kapan saja diperlukan. E banking juga bisa dilakukan dari rumah, kan?

Switchable Story 5: Jangan lupakan hobi
Seperti saya sampaikan di atas, pekerjaan saya hanya satu, tapi hobi saya banyak. 
Random. Banyak yang baru.

Waktu paling leluasa untuk menjalankan hobi adalah akhir pekan. Satu pekan hanya bisa satu atau dua hobi terlaksana. Pasalnya masih harus berbagi waktu dan energi dengan pekerjaan rumah. Pekan ini ke bioskop, pekan berikutnya ke pantai, pekan berikutnya kumpul bareng teman-teman komunitas. 

Saya bisa lebih sering melakukan hobi-hobi ringan yang bisa dilakukan malam hari. Untuk hobi, selalu ada waktu yang disempatkan. Menonton youtube, mendengarkan musik, main game di handphone, editing vlog, atau sekedar melihat-lihat album foto.

Hobi tidak harus sesuatu yang menghasilkan prestasi. Jika dengan melakukan hobimu saja kamu sudah merasa segar dan semangat kembali, itu artinya hobimu bermanfaat untuk dirimu. As simple as that.

“A hobby a day keeps the doldrums away” A quote by Phyllis McGinley.
#SwitchableMe ala Switch Alpha 12 :
Buat saya yang butuh tontonan yang menghibur untuk penyeimbang hidup, Switch Alpha 12 memiliki display 12” dengan resolusi tinggi yaitu QHD (2160 x 1440) yang juga dilengkapi dengan teknologi IPS, sehingga memiliki area pandang yang lebih luas sehingga cocok dipakai untuk bekerja dengan spreadsheet.
Dikejar “rasa penasaran” menyelesaikan serial drama 16 episode (ampun, sudah!) membuat mata menatap monitor berjam-jam. Hal itu membahayakan mata lho. Mata akan menjadi cepat lelah dan kering. Untuk memuaskan penggemar drama, Switch Alpha 12 telah melengkapi perangkatnya dengan fitur Acer BlueLight Shield, sebuah teknologi yang mampu melindungi mata dari emisi cahaya biru dari layar notebook penyebab mata lelah dan kering.
Satu lagi penunjang hobi, Switch Alpha 12 dilengkapi dengan stylus pen yang mampu mendeteksi sensor hingga 256 tingkat tekanan pada layar secara lebih presisi. Kita bisa menggunakan perangkat ini sebagai laptop atau tablet dengan lebih nyaman. 
Eh, saya hobi menggambar ilustrasi? 
Enggak kok. Hobi saya kumpul-kumpul bareng teman komunitas. Hanya saja, pas kumpul-kumpul begitu, anak saya sering bosan menemani mama-nya. Dia suka mengajak pulang sebelum waktunya. Nah, kan tinggal sodorin Switch Alpha 12 dalam bentuk tablet, dan biarkan dia menggambar dengan stylus pen. Dia bakal asyik menggambar berlama-lama. Jadi hobi saya ngobrol saya teman-teman tetap berjalan dengan nyaman. 


Demikianlah hari-hari #SwitchableMe ala Power “Mama” Ranger yang sewaktu-waktu bisa “berubah!” saat diperlukan. 

Karena saya mencintai pekerjaan dan hobi-hobi dalam waktu yang bersamaan, saya harus bisa fleksibel dan switchable. Switch Alpha 12 saya rasa adalah perangkat yang mampu mendukung saya bisa melakukan itu semua dengan lebih baik. 

Ini pendapat saya. Ini harapan saya.


Komentar

  1. Wah, ini type Acer yang baru ? Menarik sekali fiturnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Pak ,saya juga baru tahu ada yang switchable banget

      Hapus
  2. Bagus konsep ceritanya mb Arin. Semoga menang

    BalasHapus
  3. Mantap acer switch alpha 12.
    Aku juga pengen deh, mbak.

    Mannequin challenge memang bikin pegel ya kalo kelamaan. Hahaha ...
    Sukses mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagi kekinian bikin Mannequin Challenge..tapi gak tahan lebih dari 10 detik hahaha

      Hapus
  4. Wow,bisa standby 8 jam? Keren banget. Ini mah kalau lupa ga bawa charger pas keluar sehari lumayan banget (asal udah diisi sebelumnya). Bluelight shieldnya juga oke karena aku juga suka berlama-lama di depan lappy. Kesimpulannya, bikin mupeng. Hehehe.
    Sukses buat ngontesnya ya, Mbak.

    BalasHapus
  5. As always... gaya penceritaan mba Arin emang keren... sukses lombanya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mencoba natural saja sesuai keseharianku mba Astrid. Terimakasih yaaa

      Hapus
  6. Asyik ya mba kalau ada yang mendukung hobi dan kerjaan kita sehari hari. Hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benerrr..dukungan terbesar adalah suami dan anak-anak. eaaa...

      Hapus
  7. Kerjaannya banyak, jadi harus diswitch-switch terus yaa 😄

    BalasHapus
  8. idenya itu lho selalu beda...kereen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya tema nya pas banget. ide sudah menari-nari di kepala

      Hapus
  9. Hari-hari kita ternyata sama ya mbak :) aku juga tau gmn rempongnya jd bendahara krn ngerasain juga hrs ngantur cashflow kantor yg embuh bgt. Kereen ulasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sibuk yang dirindukan ya mba.. apalagi kalau kerjaan beres rasanya puas

      Hapus
  10. Hihi, memang harus switchable kalo mau tetap bisa menikmati hobi di tengah kesibukan kerja ya, Mbak. Jadi mupeng sama Switch Alpha 12. Soalnya notebook saya udah nggak tahan lama dan suka ngambek minta pensiun, hehehe...

    BalasHapus
  11. Apapun profesinya, notebook tetap butuh banget :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Butuh banget...tapi aku masih pakai PC kantor hehehe

      Hapus
  12. Ih..jadi ikut terpesona, keren deh pilihan impian Power'mama'Ranger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar hobi terlaksana dengan tentram dan damai wkwkwk

      Hapus
  13. Balasan
    1. Sudah available di toko mba.. aku sih nunggu ada yang beliin *kode*

      Hapus
  14. mengidamkan acer seperti ini biar biar makin switchable antara hobi dan pekerjaan utama

    BalasHapus
  15. Yeah power ranger mama keren,sekeren acer

    BalasHapus
  16. mama power ranger keceee
    emang kudu switchable ya mb biar hobi dan kerjaan semua lancar dalam setiap waktu

    BalasHapus
  17. dedek Asa pegangin mamanya yang lagi pakai kamera, bener-bener butuh perangkat yang swichable yaa

    BalasHapus
  18. Jadi ingat film power ranger yang khas dengan kata-kata "BERUBAH"...

    BalasHapus
  19. wah kepadatan kerja memang butuh yang canggih2 ya

    BalasHapus
  20. Mbak mirip guru SMA saya deh :) hehehe

    Salam,
    Oca

    BalasHapus

Posting Komentar