Selasa, 07 Februari 2017

Taman Kaulinan, Ruang untuk Anak-anak Bogor


Satu persatu harapan warga Bogor pun terwujud. Setelah beberapa tahun sebelumnya dibangun taman-taman dan pedestrian di berbagai sudut Kota Bogor, tanggal 5 Februari lalu diresmikan Taman Kaulinan dan Taman Sempur. Keduanya berlokasi di Lapangan Sempur, sisi utara Kebun Raya Bogor.

Informasi peresmian Taman Kaulinan dan Taman Sempur ini saya terima dari berbagai grup WA, baik grup kantor sampai grup ibu-ibu RT. Jadi penasaran juga ingin tahu seperti apa, saya pun mengajak Asa main ke sana. Untungnya hari minggu itu cerah. Padahal sehari sebelumnya Bogor dan sekitarnya hujan seharian lho. Berarti semesta mendukung. 


Saya ke lapangan Sempur sedari pukul 07.00. Segitu sudah pagi menurut saya, eh ternyata suasana sudah sangat ramai. Di lapangan Sempur sendiri telah bersiap pasukan marching band dari TNI AD. Asyik, bakal seru nih. Tapi saya memilih fokus ke Taman Kaulinan yang ada di sudut barat Lapangan Sempur. Di situ tak kalah ramai, sudah bersiap tim paduan suara dan kelompok tari. Dan yang menarik, di Taman Kaulinan ini telah ada berbagai permainan menarik. Wah, ini berbeda dari yang saya lihat sebelumnya tahun lalu. 

Apa arti Kaulinan?

"Kaulinan" artinya bermain. Sesuai artinya, Taman Kaulinan diperuntukkan bagi warga Bogor, khususnya anak-anak agar dapat menikmati aneka permainan fisik secara gratis. Taman Kaulinan mulai dibangun pada 25 Juli 2016 dan selesai pada Januari 2017. Taman ini memiliki luasan 600 meter persegi, berada di tepi sungai Ciliwung sehingga membawa suasana sejuk. 

Seperti halnya pedestrian, taman adalah investasi produktif untuk warga Bogor. Pemerintah Kota Bogor menyadari hal ini, sehingga dibangulah berbagai fasilitas umum bagi warga agar bisa bermain, berolahraga, refreshing dan berkespresi.

Ada beberapa jenis permainan yang ada di Taman Kaulinan, antara lain :
  • Perosotan, berguna untuk melatih keberanian dan keseimbangan tubuh.
  • Enggrang, meskipun terlihat sulit namun sangat menantang minat anak-anak. Enggrang melatih keseimbangan dan kekuatan otot tangan dan kaki.
  • Ayunan, adalah permainan favorit anak-anak segala usia. Berayun membuat tubuh rileks dan menghirup udara segar lebih banyak.
  • Rumah Pohon, merupakan permainan yang menarik bagi anak-anak. Rumah pohon merangsang imajinasi anak, misalnya dengan bermain peran. Pada rumah pohon ini juga tersedia fasilitas mini flying fox.
  • Panjat tali, berguna untuk melatih motorik dan memperkuat otot tangan dan kaki.
  • Gobak Sodor (dalam bahasa Sunda dikenal dengan Galah Asin), permainan seru dua tim yang berusaha menembus batas pertahanan lawan.
  • Engklek, melatih kecerdasan, koordinasi tangan dan kaki, serta keseimbangan badan.
  • Ular tangga raksasa, melatih kecerdasan, sportivitas. Ular tangga ini besar, berlaku sebagai pion adalah anak-anak sehingga harus melangkah dan melompat sesuai angka mata dadu. Permainan ini juga merangsang anak berolah raga.
  • Gazebo, disediakan untuk para orangtua dan anak beristirahat sambil bercerita. Hal ini diharapkan dapat mempererat komunikasi orang tua dan anak.

Taman Kaulinan ini diresmikan oleh Walikota Bogor, Bapak Bima Arya Sugiarto. Beliau datang dengan gaya sporty, tampaknya baru saja olahraga pagi. Setelah menandatangani prasasti, Bapak Bima Arya mencoba beberapa permainan seperti enggrang dan flyng fox. Acara ini juga dimeriahkan dengan paduan suara lagu-lagu daerah dan tarian Sunda. Sebelum meninggalkan lokasi, Bapak Bima Arya berfoto dengan anak-anak.

Bapak Bima Arya mengatakan, bahwa pembangunan taman-taman kota tidak hanya dipandang sebagai penambahan ruang terbuka hijau, tetapi juga bertujuan untuk membangun karakter warga. Taman adalah oksigen jiwa. Mimpi kita bersama adalah menjadikan Kota Bogor sebagai kota taman untuk keluarga. 

Hadir pula bapak Solihin, corporate affairs SAT, perwakilan dari Yayasan Berani Bhakti Bangsa. Pernah belanja di toko Alfamart atau Alfamidi, dan kasirnya menawarkan untuk menyumbangkan uang kembalian? Nah, uang sumbangan dari konsumen inilah yang disalurkan melalui progam DonasiKu oleh Yayasan Berani Bhakti Bangsa, untuk kemudian digunakan membangun berbagai fasilitas yang menunjang pendidikan dan pengembangan anak-anak Indonesia, salah satunya adalah Taman Kaulinan ini.  

Jadi jangan ragu-ragu untuk bilang IYA, jika kasir menawarkan apakah kembalian anda Rp.100 - Rp.200 disumbangkan melalui program DonasiKu. Pelaksanaan program-program sosial DonasiKU dinaungi oleh Direktorat Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial Kementerian Sosial RI. Penyebaran donasi ini dapat dilihat melalui twitter @YayasanBerani atau hestek #YayasanBerani.

Yess! Satu lagi ruang terbuka bagi anak-anak Bogor. Mudah-mudahan dengan adanya Taman ini mampu mengurangi kecanduan gadget dan nge-mall. *Toyor diri sendiri* :)

Acara peresmian selesai sekitar pukul 09.00. Ternyata saya bertemu dengan beberapa teman Asinan Blogger juga di sini, masing-masing bawa anaknya. Hahaha, ternyata pada penasaran ya dengan Bapak Bima Arya, eh, Taman Kaulinan.  Namanya jumpa kawan, pastilah berujung dengan foto-foto. 

Oiya, sebagai wujud terimakasih atas dibangunnya Taman Kaulinan, jangan lupa untuk mengikuti tata tertib di taman, seperti tidak buang sampah sembarangan, jangan menginjak rumput, jangan memetik tanaman, tidak buang air sembarangan dan tidak membuang puntung rokok. Bisa ya menjaga taman kita bersama. Bisa dong !


17 komentar:

  1. Di Lombok ada hal serupa. namanya taman sangkareang dan taman udayana hehe

    BalasHapus
  2. bapak Walikotanya masih muda ya mbak, hehe..
    Jempol deh buat konsepnya Taman Kaulinan ini, semoga makin banyak Taman yang diperuntukan bagi keluarga dan anak-anak

    BalasHapus
  3. Tinggal di bogor kabupaten nih mbak arin, harus ada taman bermain anak juga. Ini yg di kota udah keren abizz.

    BalasHapus
  4. Pak Bima Arya eh Taman Kaulinan keren ya. Besok2 kalau belanja di Alfamart pasti udah nggak ragu lagi dengan DonasiKu

    BalasHapus
  5. Waah sepertinya asyik ya Mbak. Banyak permainan di Taman Kaulinan. Kapan-kapan mampir ah kesana kalau pas Ke Bogor.

    BalasHapus
  6. Wah ada flying fox juga? Berkali-kali cuma lewat, eh pas dibuka udah ga di Bogor. Asyiknya ada fasilitas umum gini, anak anak jadi ga monoton di gadget doang, bisa bergerak semakin sehat. Salut dengan yayasan dan pemkot. Moga makin hebring! Mupeng....

    BalasHapus
  7. Tamannya keceeee
    Bikin betah main disini
    Semoga tetap terjaga kebersihan dan aneka permainannya

    BalasHapus
  8. Belum ada di tempatku, coba kalau semua kepala daerah memikirkan taman taman buat warga tentu semakin dicintai oleh warganya deh

    BalasHapus
  9. Sik asik tambah rajin jogging ke Taman Sempur deh sama anak-anak, klo ada Taman Kaulinan

    BalasHapus
  10. yuk jogging mba, menujulangsing 2017 xD

    BalasHapus
  11. yuk kita ke taman kaulinan lagi. anak2 main... emaknya jogging, jangan jajan :D

    BalasHapus
  12. Seneng deh klo banyak tempat terbuka kaya gini. Bagus banget utk perkembangan anak..

    BalasHapus
  13. Taman Kaulinan asik buat main anak-anak, buat tempat nongkrong ortu juga nyaman.

    BalasHapus
  14. Asik banget nih ada tempat tujuan baru kalau jalan-jalan ke Bogor, anak-anak pasti senang sekali..

    BalasHapus
  15. Wah asiknya bisa bermain bersama,
    Kota2 harus punya banyak taman untuk refresihng

    BalasHapus
  16. Wah jadi kangen Bogor nih mbak, senang klo kota banyak taman untuk anak2 gini, di sidimpuan hampir gak nemu, sedih.

    BalasHapus