10 Menit Sarapan Pagi untuk Meraih Prestasi


Apa yang ingin kita lakukan di pagi hari? 
Membuka smartphone? Membalas email? Membaca koran? 
Hal-hal yang membuat kita betah berlama-lama melakukannya.
Tapi ingatkah untuk sarapan?
Mari sejenak sempatkan waktu untuk kebutuhan penting yang satu ini.
10 menit saja untuk sarapan di pagi hari.

"Sarapan itu wajib, kalau nggak sarapan, kamu nggak usah berangkat sekolah!" terlintas kata-kata Bapak (Alm) dulu saat melihat gelagat saya ogah-ogahan sarapan. Walau terdengar keras, maksud Bapak sangat baik.

Bukan tanpa alasan, Ibu saya dulu selalu menyiapkan sarapan pagi sebelum saya berangkat sekolah. Menunya tidak rumit, nasi dan telur, nasi goreng, atau singkong rebus. Yang penting sarapan.
Setelah menjadi seorang Mama, kini saya tahu alasan mengapa kedua orang tua saya mewajibkan saya sarapan sebelum ke sekolah. Sekolah itu butuh energi dan konsentrasi untuk berpikir, dan itu didapatkan dari sarapan.
Kakak Cinta sedang mengibarkan bendera merah putih
Aktifitas outdoor bersama teman-teman sekolah

Sarapan sehat sebelum jam 9 pagi.
Saya pun mewajibkan anggota keluarga untuk sarapan sebelum sekolah dan beraktifitas. Kenapa? Pada pagi hari, kadar gula darah tubuh dalam kondisi rendah sehingga tubuh perlu masukan kalori. Tujuannya agar tubuh dapat memompa darah ke otak dan melakukan berbagai fungsi metabolisme. Nah, kalori ini diperoleh dari sarapan. Anak sekolah memerlukan energi untuk proses belajar dan aktivitas di sekolahnya. Dan pada orang dewasa butuh energi untuk fokus bekerja. Sarapan juga sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap lelah dan serangan penyakit.

Hal ini sesuai yang disampaikan Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, bahwa sarapan sehat harus dilaksanakan sebelum jam 9 pagi, karena tubuh membutuhkan penambahan energi setelah puasa 8-10 jam pada saat tidur.

Seseorang yang cukup sarapan lebih mampu dengan tepat dan cepat merespon, menjawab, mengatasi masalah dan berkreasi dibandingkan apabila dia tidak sarapan. Karena kecerdasan berpusat di otak, maka nutrisi dan energi untuk otak harus dipenuhi. Sarapan juga berperan penting dalam mekanisme daya ingat (memori) seseorang. Karenanya tidak heran, apabila ada orang yang terlambat sarapan maka kadar gula dalam daran menurun dan  menjadi kehilangan konsentrasi, ditandai dengan lemas, lesu, pusing dan mengantuk.

Sarapan tidak selalu nasi.
Perut orang Indonesia sudah sangat tergantung nasi. Kalau bukan nasi rasanya seperti belum sarapan. Paradigma ini harus diluruskan. Sumber kalori didapatkan dari karbohidrat, dan itu tidak harus nasi. Keanekaragaman sumber makanan membantu substitusi sumber gizi yang bisa diperoleh dari berbagai sumber makanan. Jumlah sarapan juga tidak banyak, yaitu untuk memenuhi 15%-30% kebutuhan gizi harian. 

Sempatkan waktu 10 menit untuk sarapan.
Pagi hari adalah waktu yang sibuk. Seringkali kita enggan sarapan karena sempitnya waktu, baik yang memasak, maupun yang memakan.

Bagi anak sekolah, kesulitan terbesar adalah mengalahkan rasa enggan. Anak enggan sarapan pagi karena sempitnya waktu pagi hari, sulit bangun pagi, sulit menghabiskan porsi sarapannya, dan seringkali dilakukan dalam situasi terburu-buru harus segera berangkat sekolah. Padahal suasana terburu-buru ini semakin membuat anak tidak nafsu makan dan memperlama proses makan. 

Namun mengingat pentingnya sarapan, saya menyiasati bagaimana caranya agar pagi sempat sarapan. Berikut tips-tips agar sempat sarapan bergizi:
  1. Pada malam sebelumnya, saya dan anak-anak telah mempersiapkan hal-hal yang harus dibawa keesokan harinya, agar pagi punya waktu cukup untuk sarapan.
  2. Kami tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi agar sempat melakukan lebih banyak hal.
  3. Bahan untuk sarapan telah saya siapkan sejak hari sebelumnya. Sebagian bahan telah disiapkan stocknya sejak akhir pekan. Saya juga memasak lauk dalam jumlah banyak untuk persediaan 2-3 hari dan disimpan dalam kulkas. Misalnya ayam ungkep, perkedel kentang, sambal goreng teri, tempe orek dan lain sebagainya. 
  4. Jumlah menu sarapan tidak perlu banyak, namun harus mengandung nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Karena itu pilihan sarapan harus bervariasi setiap harinya. 
  5. Agar sempat sarapan, pilih menu sarapan pagi yang praktis dan komplit nutrisinya, misalnya Energen sereal, nasi dan telur, buah pisang dan alpukat.
  6. Anak-anak telah dibiasakan secara mandiri menyiapkan dirinya di pagi hari, misalnya mandi sendiri, berbaju sendiri, agar saya sempat menyiapkan sarapan sehat.
  7. Sekitar pukul 6.30 semangkuk/sepiring sarapan telah saya siapkan dan anak-anak telah duduk di meja makan. Hanya butuh waktu 10 menit untuk menghabiskan sarapan.

Sempatkan sarapan di pagi hari

Menyiapkan Menu Sarapan Praktis Bergizi.
Saya berperan sebagai penyedia sarapan, kesulitan pagi hari adalah sempitnya waktu. Jadi saya memilih menu sarapan adalah yang sederhana, gampang tapi komplit gizinya. Tidak sulit kok. Misalnya, nasi goreng telur, pancake toping buah, energen saja atau dengan campuran buah dan lain-lain. Tinggal bagaimana kita berkreasi padu-padan makanan yang ada di rumah.

Solusi praktis lainnya adalah dengan menyimpan stok Energen. Sudah pada kenal Energen kan? Energen adalah minuman serbuk sereal, dengan susu dan telur dalam bentuk sachet. Cara penyajiannya tinggal diseduh dengan setengah gelas air hangat. Segitu sudah cukup mengenyangkan dan memberikan energi hingga waktunya makan siang. Energen juga bisa dibawa dalam perjalanan ke sekolah. Bentuknya cair, bisa diminum saat di mobil jemputan. Suasana riang akan membuat acara sarapan menjadi menyenangkan.

Energen sangat membantu banget untuk dikonsumsi sebagai sarapan pagi sebelum jam 9. Sarapan yang baik mengandung nutrisi lengkap yaitu karbohidrat, protein, lemak, mineral serta vitamin. Nutrisi lengkap itu dapat diperoleh secara praktis, cepat dan mudah dari segelas Energen. Dalam satu sachet Energen mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, asam folat, kalsum, karbohidrat, protein, dan lemak. Lengkap deh!

Energen sekarang banyak varian rasanya, jadi enggak gampang bosan. Ada 6 varian yang saya punyai di rumah, yaitu kacang hijau, coklat, vanilla, jagung, jahe dan oat milk dengan pisang. Varian Energen bukan hanya rasa, namun memang ada bahan alami yang dicampurkan ke dalamnya. Energen rasa jagung ya memang ada bulir jagungnya, Energen coklat yang memang kental bubuk coklatnya, begitupun yang kacang hijau, vanila dan jahe. Oiya, Energen oatmilk juga ada potongan kecil pisang kering yang mengembang saat diseduh air. Kalau mau dicampur buah tambahan lagi juga enak, seperti buah pisang, alpukat, strawbery dan buah lainnya sesuai selera.

Energen rasa coklat, untuk menyambut pagi yang hangat
Energen rasa kacang hijau, untuk memulai hari yang seru!
Energen rasa vanilla, campur alpukat dan es batu yang segar.
Energen rasa jahe, menyegarkan harimu.
Energen rasa jagung dengan bulir jagung yang gurih
Energen Oat Milk sudah mengandung pisang di dalam kemasannya. Mau tambah pisang lagi? boleh.

Peran Energen dalam Pekan Sarapan Nasional.
Setiap tanggal 14-20 Februari 2018 adalah Pekan Sarapan Nasional. Program ini dilaksanakan pemerintah sejak tahun 2013. Dan mulai 2015, Energen berpartisipasi dalam kampanye Pekan Sarapan Nasional.

Mayora Nutrition melalu Energen berkomitmen mengedukasi mengenai pentingnya arti sarapan sehat di pagi hari sebelum jam 9 pagi bagi kemajuan prestasi anak-anak di Indonesia. Pada tahun 2018 ini, Edukasi sarapan sehat ini antara lain dilakukan dengan cara berbagi sarapan sehat untuk 2.2 juta anak sekolah di Indonesia dengan melibatkan lebih dari 3.000 Sekolah Dasar. Energen juga bekerjasama dengan Pergizi Pangan untuk melakukan kegiatan cek gizi pada anak-anak di sekolah agar mereka semakin sadar pentingnya sarapan sehat. 

Sarapan untuk Meraih Prestasi.
Seperti yang sudah saya paparkan pada awal tulisan, sarapan sangat penting untuk menunjang proses belajar dan beraktifitas baik pada anak sekolah maupun orang dewasa.  Sarapan adalah upaya untuk meraih prestasi. 

Apa prestasimu hari ini? Prestasi tidak selalu berkaitan dengan piala atau piagam penghargaan. Prestasi buat saya adalah pencapaian yang diraih dengan usaha sebaik-baiknya. Bisa menyelesaikan tugas tepat waktu adalah prestasi. Bisa beraktifitas dengan sehat dan bahagia adalah prestasi. Bisa mengibarkan bendera adalah prestasi. Tetap semangat dan sehat adalah prestasi. Ayo luangkan waktu 10 menit sarapan di pagi hari, untuk meraih prestasi hari ini dan seterusnya.

Semangat Asa, kamu bisa!
Belajar menanam pohon.
Aih..ucapannya bikin meleleh Mama.

Sumber:
http://pergizi.org/images/stories/downloads/materi_PESAN/materi3.pdf

Komentar

  1. Aku suka energen,paling enak diminum pas anget..paling doyan kl nganggur dicemilin haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi yang dingin.. dihangatkan dengan energen jadi semangat

      Hapus
  2. Alm Ibu juga begitu mba sarapan buat keluarga kami itu hukumnya wajib, kata alm ibu kalau aku ga sarapan nanti ga konses saat belajar di sekolah dan akhirnya habit ini terbawa sampe aku berkeluarga aku pun menetapkan jika sarapan hukumnya wajib buat suami dan anakku. Minimal memang bikin sarapan yang praktis, dan mindset sarapan praktis serba cepat salah satunya buatku juga menyeduh energen hehehe..Kami favorit banget stock energen yang coklat mba yang lain belum pernah coba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sarapan jangan dibikin sulit ya.. sekarang banyak kok cara sarapan praktis, salah satunya favorit keluarga ya energen ini

      Hapus
  3. Balasan
    1. Energen sejak jaman kos dulu jadi andalan buat sarapan

      Hapus
  4. Balasan
    1. Makasih koh Deddy.. jadi malu dikunjungi blogger hit

      Hapus
  5. Aku paligsuka Energen yg rasa cokelat. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah coba yang rasa jagung? Enak lho

      Hapus
  6. selain bikin semangat, energen juga mengandung banyak gizi yang tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan kita

    BalasHapus
  7. Energen vanilla ditambah irisan pisang dan kismis, wuenaaakkk! Energen Termasuk produk yang selalu stand-by di rumah. Gak cuma untuk sarapan tapi juga untuk 'ganjel' di masa-masa kritis, di mana lapar menyerang tapi waktunya gak umum a.k.a. sesaat sebelum tidur misalnya hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar