Langsung ke konten utama

Bbrr, Dinginnya Gudang Sunpride


Tak terasa sudah satu tahun berlalu dari Meet Up Fruitaholic 2017. Kami para fruitaholic sudah mendesak-desak mba Sherly (Tim Sunpride) untuk ngadain acara kangen-kangenan lagi. Iya, kangen rebutan buah-buahan Sunpride hehehe.

Tertentukan pada 27 Januari 2018, Sunpride mengundang kami untuk Kopdar Fruitaholic ke gudang buah PT Sewu Segar Nusantara di Tangerang. Waaah? Ke gudang buah? Reflek tubuh menggerakkan saya untuk memilih tas besar mana yang kudu dibawa saat ke sana. Main ke gudang buaaah, lhoo..! Eh, Bu, ini mau kopdar atau mau "menjarah" buah? Hihii. ya harap maklum, bagi fruitaholic melihat buah-buahan Sunpride itu seperti melihat emas.

Saya mengajak Bu Sofa, teman kantor penggemar cavendish banana-nya Sunpride. Beliau paling sering mencuil pisang yang saya bawa buat lunch. Enak kan bu?

Sengaja dari Bogor belum sarapan. Ngarepnya mau sarapan pisang aja di lokasi. Sesuai harapan, di ruang meeting dengan meja panjang beralas taplak putih, fruitaholic langsung dihadapkan pada buah-buahan segar yang melimpah.

Dan tanpa malu-malu lagi, sudah serasa kayak rumah sendiri, melihat buah-buahan yang melimpah itu langsung dicomot, dimakan, diacak-acak, dielus-elus, difoto-foto.  Ya begitulah keluarga Sunpride ini kangen-kangenan tanpa basa-basi. Lucunya, sedari awal masing-masing fruitaholic sudah memilih buah-buah mana yg diincernya, lantas dikekepin di depan posisi duduknya, untuk dibawa pulang. Hahaha.. 

Ada Aiman Ricky yang hadir dalam kopdar fruitaholic ini. Semula saya tidak tahu siapa pria ganteng yang datang di antara kami, kalau saja bu Sofa tidak salah tingkah dan senyum-senyum menunjuk ke arah Aiman. Ternyata Aiman ini adalah artis sinetron dan FTV yang sering memerankan tokoh baik. Cieee, emang cocok sih dengan penampilannya sebagai Fruitaholic yang baik hati. Aiman ikut rangkaian acara hari ini. Doi ramah, dan low profile.

Buah Baru.
Terlihat beberapa produk buah baru dalam keluarga Sunpride ini. Buahnya sih sudah lama ada, namun baru dilabeli dan dipasarkan Sunpride. Secara memang Sunpride selektif memilih buah-buahan berkualitas. Kenalan dulu dengan buah-buahan ini ya.

Jeruk Dekopon,  adalah jeruk tanpa biji dari Jepang yang buahnya tebal, rasanya manis , sedikit asam dan segar. Mirip sekali dengan jeruk keprok kualitas prima. Jeruk dekopon ada tonjolan pada bagian ujungnya sehingga mudah dikenali. Konon harganya cukup mahal, yaitu 130 ribu per kilo

Jeruk Sweet Mandarin, memiliki kelebihan berupa rasanya yang manis, kulit berwarna oranye terang serta mudah dikupas. Daging buahnya mudah dipisahkan. Kandungan vitamin dalam 1 cup jeruk Mandarin adalah tiga jenis mineral yang baik untuk kesehatan tulang yaitu kalsium, fosfor, dan magnesium. Total seratnya mencapai 1,8 gram sehingga mampu memenuhi 5% kebutuhan serat harian pria dan 7% kebutuhan serat wanita.

Salaca Salak Madu, adalah salak yang rasanya manis, diperoleh dari kolaborasi spesial dengan petani salak pilihan untuk mempromosikan 100% buah nusantara. Salak madu mengandung vitamin A, vitamin C dan bebas lemak. Salaca gampang dikupas, ukuran lebih besar dari salak umumnya dan dapat disimpan hingga 7 hari pada suhu 10 C.

Jambu Mutiara, ini adalah sodaraan sama Jambu Kristal. Bedanya jambu mutiara sedikit lonjong. Kalau isinya mirip. Sama-sama putih, renyah dan seedless.

Pisang Raja Bulu, adalah pisang raja yang dipanen dari petani lokal. Pisang ini jarang dijumpai di toko karena memang produksinya tidak banyak, hanya mengandalkan perkebunan pisang lokal. Saya mencicipi pisang ini dan rasanya manis. Kekenyalannya pas. Pisangnya mulus karena memang Sunpride menerapkan standar kualitas buah dengan sangat ketat.

Mini Banana, ini adalah pisang cavendish yang berukuran kecil. Tiap kemasannya isi 5 buah, seharga 15 ribu. Murah, nggak perlu timbang lagi. Ukurannya yang kecil pas untuk mereka yang tidak ingin pisang terlalu besar. Pas banget untuk anak-anak.

Highland Banana, adalah pisang cavendish yang ditanam di dataran tinggi (600-1200 mdpl), yaitu di Blitar Jawa Timur sehingga menghasilkan pisang yang lebih pulen dan manis dengan kadar air lebih rendah.

Dari Ibu Sulina Parjono, selaku Product Manager PT Sewu Segar Nusantara, kami tahu tentang keluarga besar Sunpride dan produk buah apa saja yang dikelola oleh PT Sewu Segar Nusantara. Untuk buah-buahan ada 3 kelompok. Lertama , Group Product yaitu buah yang diproduksi oleh perkebunan Sunpride dalam jumlah besar antara lain pisang cavendish, nanas honi, jambu kristal dan pepaya calina. Kedua, Local Product yaitu buah yang dibeli dari petani lokal, antara lain melon, jeruk baby, mangga dan buah naga. Ada juga Import Product, buah yang didatangkan langsung dr negara lain karena sulit tumbuh di Indonesia antara lain pear, kiwi dan apel.

Bu Suli, menjelaskan mengapa pisang cavendish Sunpride menjadi pisang yang istimewa? Karena faktanya, cavendish Sunpride adalah salah satu buah andalan di Indonesia, tersedia sepanjang tahun, kualitasnya aman dan baik serta menggunakan metode kultur jaringan sehingga dapat dipredikisi kapan bisa dipanen secara serentak. Pisang cavendish Sunpride ini kaya manfaat karena mengandung vitamin B6, menurunkan resiko kanker, menormalkan fungsi jantung, mengandung zat besi dan membantu proses pencernaan.

Saya pribadi dalam 6 bulan ke belakang menggunakan pisang cavendish Sunpride sebagai diet sehari-hari pengganti nasi. 

Masuk ke Gudang Sunpride.
Nah ini yang ditunggu-tunggu. Fruitaholic penasaran seperti apa sih gudang Sunpride itu. Gudangnya besar dan luas. Terdiri dari ruang-ruang besar yang di dalamnya tertumpuk buah-buahan yang sudah dikemas dalam box. Oiya, sortir buah, pelabelan dan pengemasan ini dilakukan sejak buah dipetik dari kebun. Jadi tiba digudang sudah dalam kardus.

Sunpride sangat menjaga kualitas buah segar. Pisang mudah sekali berubah warna kulit. Pada udara yang terlalu dingin, pisang akan susah matang. Sebaliknya, pada udara yang panas, pisang akan menjadi cepat rusak kehitaman. Tak heran jika gudang Sunpride ini di-setting sedemikian rupa agar suhu tetap terjaga stabil pada 14-16 derajat Celcius untuk pisang. Sedangkan untuk Nanas Honi gudang dikondisikan bersuhu sekitar 9 derajat celcius. Wiiih, kadung nggak pakai jaket ternyata kita jalan-jalan di tempat dingin.

Paling dingin adalah gudang pear, sebagai buah impor dari negara bersuhu dingin, sehingga pear harus disimpan dalam suhu 2 derajat celcius. Saat memasuki gudang pear, para fruitaholic saling berpelukan satu sama lain biar mampu bertahan dalam cekapan suhu super dingin ini. Bbbrrr, peluk, peluuuk. Aku meluk siapa ya? 

Setelah keliling gudang, kami kembali ke ruang meeting untuk makan siang. Mba Wiwik Wae menyampaikan program Fruitaholic di tahun 2018 ini mau ngapain aja. Pastinya akan lebih banyak peluang untuk teman-teman yang ingin bergabung. 

Pukul 13.00 acara ditutup. Tas siapa yang paling berat? Sepertinya tas Evrina dan mas Agung Han. Hihihi. Pulang membawa buah-buahan Sunpride. Tas saya cuma 2 kok, satu godiebag dan satu travel bag. Whaat? Travel bag? Iya ya, besar juga ya? hahahaha.

Komentar

  1. Buah pasti sunpride, aku suka pisang cavendis. Pengen nyoba nanas honi juga sih

    BalasHapus
  2. Senangnya bawa pulang buah yang buanyaaak ya, mba. Duh liat buah-buah gitu berasa lihat emas. Hihiihi. Aku belum pernah nyoba yang mini banana nih mba. Pasti asik nih bisa makan karena ukurannya pas buat aku yang mini HIhihi

    BalasHapus

Posting Komentar