Langsung ke konten utama

Catatan Burhan Abe untuk Blogger


Tersanjung sekali saya terpilih sebagai Juara Favorit dalam Lomba Memotret Indonesia yang diselenggarakan Blanja.com . Pasalnya, deretan nama juri adalah tokoh-tokoh literasi yang mumpuni, yaitu 
  1. Mayong Suryo Laksona – Wartawan Senior
  2. Burhan Abe – Blogger senior (jakartajive), chief editor Male Indonesia
  3. Ita sembiring – Penulis, Produser, Pemerhati Produk Indonesia
24 April 2018 bertempat di kantor Blanja.com, Jakarta, akan diumumkan pemenang lomba Memotret Asli Indonesia. Dalam acara tersebut hadir 20-an blogger peserta lomba, Dewan Juri (minus Mayong) dan pihak tuan rumah. Saya datang bersama Cinta.  Kami diajak keliling kantor Blanja.com dari ruang customer care, administrasi, pantri hingga gym. Secara umum kantornya nyaman dan rapi. Asyik ya kalau kantor ada gym-nya. Ini adalah cara sehat melepas stres.

Burhan Abe dalam kesempatan ini mengkritisi tulisan para blogger yang masuk penjurian. Masukannya sangat makjleb namun berguna. Mau tau apa saja? Ini saya rangkum buat kita semua:
  1. Tulisan jangan kepanjangan karena dapat membuat pembaca bosan. Panjang boleh asal menarik. Tapi kebanyakan blogger menulis panjang dan membosankan. Pembaca hanya akan scrol dan scrol. Coba pangkas pada bagian bagian remeh temeh yang sifatnya terlalu pribadi dan kurang penting.
  2. Tulislah yang membuat orang pengen baca lagi dan lagi dengan tulisan anda. Bikin orang penasaran dari paragrap ke paragrap. Dari semua peserta yang masuk, belum ada yang benar-benar menarik. 
  3. Gunakan kata ganti orang dengan kedudukan setara. Jangan gunakan ibu A, bapak B atau beliau. Langsung sebut nama saja. Jangan takut dianggap tidak sopan, memang demikianlah sebaiknya cara penyebutan dalam jurnalistik.
  4. Tulisan jangan plek ketiplek alias sama persis dengan sumber berita. Selain bakal ketahuan oleh copy-paste checker, juga menunjukkan anda tidak kreatif.
  5. Buat domain TDL (Top level domain) berbayar sehingga lebih profesional, jangan pakai domain gratisan lagi seperti blogspot.
  6. Gunakan foto dengan kualitas bagus. Usahakan pakai kamera mirorless atau DSLR. Jangan pakai kamera smartphone. Okay?
  7. Tambahkan video karena saat ini musimnya vlog. Jadi mesti rajin syut dan editing.
  8. Percantik desain blog dengan desain yang lebih profesional.
Huhuhu, saya terhempas karena hampir semua kriteria di atas tidak bisa saya penuhi.  Tulisan panjang - sering banget saya lakukan. Tidak menarik - mungkin ya. Blog gratisan - wah blog ini kayaknya bakal terus gratisan karena alasan pribadi dan filosofis, hehe. 

Mendadak enggak semangat dan yakin bakal kalah. Eh, Alhamdulillah masi berkesempatan mendapatkan peringkat ke 4 (juara favorit). Senengnyaaa.

Oiya, tulisan saya yang dilombakan (Alam Memberi Warna Tenun Indonesia) saya tulis dengan effort lengkap. Saya datang ke lokasi dan menghubungi 3 narsum lho. Walau enggak memenangkan juara 1, saya puas telah menulis maksimal dan mengenal 3 wirausahawan tenun Indonesia.


 


Komentar

  1. Wah kalau dipostingnya di blog TLD pasti juara 1 deh Mba Arin. Mengingat penilaian jurinya seperti di atas hehe

    BalasHapus
  2. Mantep nih juara lati. Aku juga malah banyak yang tentang curhat pribadi, huhu. Thanks for sharing Mba' :)

    BalasHapus
  3. Jleb jleb bgt itu sarannya Mak Arin, nggak sy bgt euy huhuhu

    BalasHapus

Posting Komentar