Work with Purpose, A View of Danone Talent Management


Apa tujuan perusahaan dalam berbisnis?
Dan apa tujuan karyawan dalam bekerja?

"Work with purpose" adalah sebuah pesan yang disampaikan oleh Gustavo Hildenbrand, General Manager Nutricia Sarihusada - Danone. Work with purpose dipandang dari sisi perusahaan artinya Danone memiliki tujuan lebih dari sekedar bekerja, yaitu ingin berkontribusi pada dunia yang lebih sehat.

Danone adalah perusahaan yang bergerak dengan 3 kategori bisnis, yaitu (1) air minum dalam kemasan dan minuman non karbonansi, (2) nutrisi untuk awal pertumbuhan dan (3) nutrisi medis.

Sedangkan dari sisi karyawan, work with purpose artinya bekerja dengan terus belajar dan mengembangkan diri. Danone menyadari pentingnya dukungan dan bimbingan kepada talent-nya (sebutan untuk karyawan) sehingga lebih bersemangat dan kinerja bisnisnya akan lebih baik.

7 Mei 2018 di Kantor Danone, Gedung Cyber 2, Jakarta saya dan para blogger berkesempatan mengetahui lebih dalam tentang manajemen SDM Danone Indonesia. Kami bertemu langsung dengan jajaran manajemen PT Danone Indonesia dan berkesempatan keliling kantor.

Apa yang menarik bekerja pada Danone Indonesia? 
Disampaikan oleh Bapak Arif Mujahidin (Corporate Communicstion Director Danone Indonesia), ada 15.000 karyawan Danone di Indonesia yang sangat beragam.  Di Danone, berlaku #InclusiveDiversity, di mana setiap individu dihargai talenta dan interest-nya dalam bekerja.

Danone ingin karyawannya berkembang. Ada 5 program sebagai bentuk inisiatif talent management bagi karyawan, yaitu:
  1. Jaguar Program: kesempatan karyawan level manager untuk terlibat proyek antar negara
  2. Endeavor Program : pengembangan karyawan untuk menduduki posisi manager
  3. International Assignment : mengirim karyawan ke negara lain untuk mendapat pengalaman international
  4. Talent Assesment & development : agar talent memenuhi kriteria standar Danone global
  5. Management trainee : percepatan jalur karir bagi fresh graduate untuk menjadi pemimpin perusahaan. Tiap tahun direkrut 60 MT dari universitas terbaik.
#DanoneGreatPlacetoGrow

Perempuan sangat dihargai.
Danone berusaha menciptakan suasana kerja yang casual sehingga karyawan dapat bekerja lebih maksimal, demikian disampaikan Bapak Evan Indrawijaya, HR Director Danone ELN Indonesia. Sebagaimana komitmen dalam dalam mendukung kesehatan dan edukasi anak usia dini, maka Danone memberlakukan cuti melahirkan 6 bulan untuk karyawan perempuan, dan 10 hari untuk karyawan laki-laki yang istrinya melahirkan.

Ada juga program "He For She" yaitu program yang memberi kesempatan pada perempuan agar mendapatkan support dari laki-laki. Dan sebaliknya, agar laki-laki memahami perempuan. Sehingga dalam membuat berbagau keputusan bisa mempertimbangkan kebutuhan perempuan sebagai bagian penting penentu pemenuhan nutrisi dan edukasi pada anak dan keluarga.

Corine Tap~ ibu 4 anak yang menjadi Presiden Direktur Danone Aqua, adalah bukti bahwa tidak ada diskriminasi gender dalam berkarier di Danone.  Keberagaman adalah bagian budaya perusahaan. Danone percaya latar belakang yang beragam mendorong organisasi lebih maju dan sehat 

Cerita 3 talent.
Tiga orang muda dengan ekspresi wajah bersemangat hadir dalam kelas. Ya, mereka itu adalah MT Star Danone yang telah membuktikan Danone tempat nyaman untuk bekerja :
  1. Dwinta Astarini, Senior Brand Manager Nutricia
  2. Jovinta Anggraeni, Supply Chain Network Optimization
  3. Dedy Suwartono, Head of Commercial Finance

JoJo (panggilan akrab Jovinta) pada usia 24 tahun pernah dipercaya jadi ketua proyek bernilai 100 Milyar. Jojo ini juga pintar main bola lho, hobinya ini didukung penuh oleh Danone.

Dwinta merasa senang kerja di Danone karena di sini adalah tempat kerja menyenangkan, di mana tiap individu sangat dihargai sehingga bebas mengeluarkan ide-idenya yang sangat berguna bagi perusahaan. 

Dedy Suwantono menceritakan pengalaman kerja di Danone Indonesia dan berkesempatan berpindah tugas ke Singapore karena dianggap kompeten dalam menjalankan pekerjaannya.

Ruang Kerja Yang Nyaman.
Ide dan kreatifitas akan lebih mudah hadir ketika karyawan bekerja dengan nyaman dan rileks. Menyadari hal itu, Danone menyediakan ruang-ruang kerja yang nyaman berupa lounge-lounge yang bisa digunakan para karyawan untuk bekerja dan berdiskusi.

Tersedia juga  snack dan juice untuk karyawan saat berada di lounge. Sedangkan untuk makan siang, ada kantin yang menyediakan kehutuhan makan siang karyawan.

Untuk mengilangkan kejenuhan, tersedia pojok bermain play station ( game) dengan layar TV yang besar.


Cara melamar kerja di Danone.
Danone secara berkala membuka lowongan baik untuk magang maupun manajemen trainee. Bagi pencari lowongan job vacancy Jakarta, info resmi lowongan kerja Danone ada di link http://www.dancommunity.com

Agar lamaran dipertimbangkan dengan baik, berikut tips membuat lamaran kerja:
  1. Gunakan nama asli untuk alamat email, jangan gunakan nama alay.
  2. Tulis CV berurutan dari tahun terbaru, mundur ke tahun terlama.
  3. Buat desain CV minimalis agar terlihat profesional. Jangan gunakan desain yang terlalu ramai.
  4. Hindarkan kesalahan gramar dan typo agar menunjukkan profesionalisme anda.
  5. Simpan CV dengan format Pdf dan namai file CV dengan pantas, misalnya cv_murtiyarini.pdf. Jangan gunakan nama alay misalnya mybestcv2018.pdf

Hati-hati Penipuan Lowongan Kerja.
Setelah melihat betapa menyenangkan kerja di Danone, tentunya banyak yang ingin melamar. Namun harap berhati-hati akan banyaknya lowongan palsu / penipuan rekruitmen yang beredar di internet. Waspada penipuan rekruitmen yang mengatasnamakan PT. Tirta Investama/PT Aqua Golden Mississippi/Danone AQUA/AQUA Grup/grup Danone lain.

Ibu Dewi Suryani (MT dan Employer Branding Manager Danone Indonesia) menjelaskan ciri-ciri penipuan lowongan kerja di Jakarta yaitu:
  • Terlalu blak-blakan informasi seperti besaran gaji, tunjangan dll. Perusahaan multinasional yang kredibel tidak pernah menyebutkan nominal gaji apalagi kenaikan gaji pada awal rekruitment.
  • Menggunakan email yang tidak profesional. Perusahaan kredibel menggunakan domain webnya untuk email karyawan. Email undangan rekruitmen Danone yang resmi hanya yang menggunakan alamat email @danone.com.
  • Meminta bayaran untuk biaya pendaftaran, transport atau akomodasi.  Danone tidak pernah meminta calon karyawan untuk membayar/mentransfer sejumlah uang kepada siapapun, baik untuk transportasi maupun akomodasi atau proses pendaftaran.
  • Menggunakan domain yang mencurigakan. 
Bagi anda yang mencari lowongan kerja atau lowongan pekerjaan di Danone Indonesia sering-sering kunjungi instagram @dancommunityid atau twiter @dancommunityid.



Komentar

  1. Wah bisa merekrut dari pihak luar juga ya Danone ? Dulu saya pikir perusahaan asing ya yang kerja orang asing, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya..kan untuk cabang Indonesia

      Hapus
  2. Wah seru acaranya tuh bermanfaat sekali acara acara demikian tuk pengetahuan dalam belajar berbisnis, hmmm bisa punya ruang kerja yang nyaman jadi impian

    BalasHapus

Posting Komentar