Langsung ke konten utama

Smart Tricks Lebaran Trip


Kami biasa mudik jarak jauh Bogor - Trenggalek dengan mobil. Mudik dengan mobil butuh kecermatan dalam persiapan dan trick pintar agar perjalanan lancar dan menyenangkan : 
  1. Kenali kondisi dan kapasitas mobil. Pastikan kondisi mobil prima, cek mesin sebelum berangkat dan sediakan perlengkapan darurat dalam mobil. Bawa mobil ke bengkel terpercaya dua minggu sebelumnya, jangan terlalu mepet waktu lebaran karena biasanya bengkel penuh. 
  2. Catat informasi lokasi-lokasi service mobil darurat sepanjang rute mudik untuk berjaga-jaga. 
  3. Cukupi bahan bakar, oli, aki dan air radiator sebelum berangkat. Tak ada salahnya berjaga-jaga, walaupun SPBU banyak, namun dalam situasi lebaran, stock bahan bakar sering kehabisan. 
  4. Bawa bantal minimal satu untuk pengemudi dapat beristirahat. Mengemudi mobil butuh konsentrasi dan tidak dalam keadaan mengantuk. 
  5. Pastikan tahu rute yang akan ditempuh, tempat yang akan dikunjungi, jarak tempuh, dan apa yang akan ditemui disana agar bisa mempersiapkan kondisi keluarga dan mobil yang akan digunakan. Istirahatkan mobil setiap 2-3 jam sekali. 
  6. Pilih waktu berangkat yang tepat. Saat libur lebaran arus mudik akan sangat padat. Usahakan menghindari waktu-waktu puncak arus mudik dan arus balik. 
  7. Cukupi saldo kartu E Toll, bawa air minum, P3K, payung, dan lampu darurat. 
  8. Untuk kenyamanan lengkapi mobil dengan tempat sampah, bahan penyerap bau, dan pengharum mobil. Situasi kadang membuat tegang, dan wewangian di mobil bisa menenangkan. 
  9. Pilih bawaan yang benar-benar dibutuhkan. Tidak perlu semua benda dibawa. Simpan dalam koper atau kontainer yang rapi agar tidak memenuhi mobil. .
Tulisan ini dimuat di instagram @murtiyarini untuk lomba #SmartTrickLebaranTrip #BeyondMobility @GIIAS_ID  dan menjadi pemenang kedua 

Komentar