Langsung ke konten utama

Kangen-kangenan di HUT KEB 11 Tahun

 


"Assalamualaikum Maaaak, apa kabar bayi-bayi?" 
Sontak saya menghambur ke pelukan Mak Myra Anastasia (jalanjalankenai.com) dan Mak Ncie Hanie (Dewaseo.com). Kedua blogger ini adalah Srikandi Blogger 2012, yang sering banget nggodaain saya waktu saya jadi juniornya di Srikandi Blogger 2014.

"Bayi-bayi sudah pada kuliah," Jawabnya. 

"Haha, iya. Kita udah nggak laku lagi endorse susu anak ataupun event-event parenting," tambah saya. 

Sudah 11 tahun lamanya kami dipertemukan dalam komunitas Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB). Banyak kenangan yang tersimpan di rekam digital blog dan grup facebook, tempat kami saling bertegur sapa, belajar dan berinteraksi.

Buat sebagian Emak Blogger, mereka tidak ketemu sejak awal pandemi Maret 2020. Tapi buat saya, jauh lebih lama tidak ketemu, karena terakhir ikut acara KEB sekitar tahun 2017. Dan setelah itu saya mulai jarang ikut event online maupun offline. 

Karena itu, saya antusias banget sewaktu Mba Rina Susanti dan Mba Nunung Yuni Anggraeni menginformasikan bahwa akan digelar HUT KEB ke 11 tahun di Jakarta. Langsung saya mengisi Gform untuk mendaftar.

Semula kurang optimis bakal rame karena sepanjang pagi seluruh kawasan Jabodetabek hujan rintik hingga deras. Alhamdulillah, rupanya kangen yang sudah terpendam lama menggerakkan kaki para emak ke acara syukuran ulang tahun Kumpulan Emak-emak Blogger ke 11 yang ini diadakan di Bali Note Terrace, Jl. Prof. Joko Sutono SH no 15 di Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Sebuah café dengan nuansa bali, dan terdiri dari ruangan outdoor dan indoor. Lebih dari 50 emak hadir lho.

"Mak Injuuuul," saya pun menghambur memeluk dan sungkem begitu melihat Mak Indah Juli.
"Nah ini yang saya cari-cari, ada nama Arin mendaftar, pokoknya harus ketemu, haha" tegasnya ramah. Duh, emak yang satu ini emang ramah dan low profile banget.
Beliau bertanya.,"Masih aktif ngeblog?"
"Masih nulis Mak. Tapi jarang ikut lomba. Sudah merasa puas dan cukup. Sekarang ngeblog untuk catatan pribadi saja," kata saya.
Bersama Indah Juli

Kumpul Emak-emak Blogger selalu berlimpah ilmu. Di acara syukuran ulang tahun KEB kali ini ada 2 pengisi acara dengan materi yang penting banget buat blogger.

Pertama adalah materi dari CEO INFINA.id, yaitu Mas Octora Irahadi dengan judul ‘Cari Cuan Masa Kini’. Pas banget untuk blogger masa kini yang giat mencari cuan dari blog, vlog dan media sosial lainnya. Ada kketerkaitannya dengan Blogger dan Influencer, yang nyaris sulit dibedakan karena rata-rata blogger juga influencer, begitu juga sebaliknya. Tentunya menjadi peluang namun diperlukan konsistensi dan interaksi antara influencer dan follower. Konten-konten yang kita sajikan, menentukan target penonton/follower, harus ada interaksi di dalamnya.

Menurut Mas Octora, influencer yang diinginkan / disukai brand yaitu influencer yang memiliki branding dirinya – personal branding yang cocok dengan kemampuan dan kesukaan sang influencer itu sendiri. Bagaimana influencer memiliki branding? Gunakan metode yang bisa diterapkan yaitu, COST Consistency, Objective, Socialize and Time, demikian sharing Mas Octora.

Berikutnya adalah materi dari Mas Ali Muakhir, seorang penulis yang sudah menerbitkan 333 buku. Di sini kami berlajar bagaimana ‘Menulis Kisah Inspiratif dengan Metode Emak.’ Tips & trik diantaranya adalah : adanya upaya menggugah perasaan pembaca, memberi kesan mendalam bagi pembaca, memotivasi pembaca dan meninggalkan pesan moral.

Dalam kesempatan ini, Makpon (Emak Founder) Mira Sahid menyatakan dukungan KEB terhadap Gerakan Nasional Literasi Digital - Siberkreasi. Bentuk dukungan KEB ditandai dengan peluncuran e-book yang ditulis oleh para Makmin KEB, berjudul "Warna-warni Dunia Blogging dan Cerita di Balik Dapur Komunitas”

Acara puncak HUT KEB ke 11 ini adalah potong tumpeng yang dilakukan oleh Makpon Mira Sahid. Potongan pertama dipersembahkan kepada Mak Injul (Indah Juli) selaku cofounder. Kemudian potongan berikutnya kepada Mak Soemarti Saelan (Ketua KEB periode pertama) dan Mak Elly Nurul (Ketua KEB kedua yang saat ini menjabat).

HUT KEB ini dimeriahkan juga oleh penampilan para perempuan berkebaya. Salah satu aktifisnya adalah Mak Elisa Koraag, yang juga member KEB. Para perempuan berkebaya ini melakukan fashion show mengelilingi para emak-emak yang duduk. Ternyata banyak style kebaya yang cocok dan nyaman dipakai untuk kegiatan sehari-hari, termasuk ke pasar ataupun ngemall lho.
 
Oh ya, ada seorang blogger yang paling memukau hadir dalam acara ini, yaitu Bunda Yati. Gimana enggak memukau, di usianya yang lebih dari 80 tahun, beliau masih aktif ngeblog dan sehat. Bunda Yati menjadi inspirasi bagi kami semua.

Di tengah kegembiraan ini, KEB menyisihkan perhatian dan rejeki melalui program #KEBPeduli melalui kampanye #KEBCharity11KRun dalam rangka KEB 11 Tahun sebesar Rp. 2.500.000 kepada RA Miftahul Jannah, Noborejo, Salatiga.
Kiri Kanan : Nunung, Rina, Ruth, Arin

Selama acara ini saya duduk semeja dengan mba Ruth Ninajanty, Mama Dudu (Andrew). Mba Ruth ini dulu kenal dari event lomba menulis majalah Parents Guide. Lalu kami banyak membahas tentang media cetak yang kini tergerus jaman. Untungnya majalah-majalah itu sudah beralih online, sehingga masih bisa dibaca kalau kangen. 

4 jam terasa kurang untuk kangen-kangenan. Semoga ada kesempatan jumpa lagi ya Mak-mak sayang. 


 
 


Komentar