Langsung ke konten utama

Lulus Seleksi Masuk Universitas Bersama Leptop Lenovo


"Aku gimana? Aku nggak bisa! Usahaku sia-sia."

Kalimat itu diucapkan anak saya, Cinta, ketika gagal masuk universitas melalui SNBP ( berbasis prestasi dan nilai rapor).  Laman pengumuman berwarna merah berisi kata-kata hiburan tidak lagi digubrisnya.

Saya berusaha memahami situasinya. Dia sedang galau. Dia sudah mendapatkan tiket sebagai siswa eligible jalur rapor, namun tidak membawa hasil menggembirakan.

"Tidak ada usaha yang sia-sia. Ilmumu tetap berguna. Perjuanganmu hanya belum menemukan muaranya. Percayalah pada takdir Tuhan." Saya mengatakannya dengan tegas. Bukan tidak kasihan, tetapi semacam cambuk ringan untuk melecut semangatnya lagi.

"Sedih boleh, tapi sebentar saja. Masih banyak jalur masuk universitas yang harus kita coba. Jalur nasional berbasis test SNBT-UTBK dan jalur mandiri yang diadakan masing-masing universitas. Kita akan tempuh semua. Mama akan mendampingimu," lanjut saya. 

Unleash Limitless Possibilities, Nak. Kesempatan terbuka luas untukmu, raihlah dengan usaha dan keyakinan!

Seleksi penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) terbagi 3 tahap, yaitu SNBP, SNBT- UTBK dan Seleksi Mandiri yang dilakukan oleh masing-masing PTN. Jadi, kegagalan yang kami alami belum 'akhir dunia', masih banyak kesempatan masuk PTN melalui jalur-jalur lainnya.

Move on dari kesedihan dan beli Laptop Lenovo baru.

Harapannya, Laptop Lenovo ini akan menjadi penyemangat dan sarana penting untuk melanjutkan perjuangan yaitu persiapan menghadapi UTBK. Latihan UTBK (try out) dilakukan secara online dengan perangkat masing-masing, sedangkan pelaksanaan UTBK dilakukan pada pusat-pusat yang ditunjuk oleh panitia Seleksi Nasional PMB.

Saya pikir, toh sebentar lagi Cinta kuliah. Selain untuk persiapan UTBK, laptop ini nanti akan jadi perangkat 'tempur' utama saat kuliah. Kamipun pergi toko IT Galery di Aeon Sentul City untuk membeli Laptop Lenovo. Sebagai orang yang awam terhadap teknologi gadget terbaru, kami hanya bilang ini ke Mas Pramuniaga, "Mas, tolong pilihkan Laptop Lenovo seharga kisaran 15 juta." Dan Mas Pramuniaga memandu memilihkan.

Kenapa kami memilih produk Lenovo Indonesia?

Dengan harga sekitar 15 juta, Laptop Lenovo berlimpah fitur yang lebih banyak dibanding merk lain dengan kelas harga yang sama.  Mendengar kata "Lenovo" yang terkesan adalah tentang perusahaan produsen komputer yang sudah lama eksis dan terus mengembangkan kecerdasan komputasi dengan portofolio produk teknologi terluas di dunia. 

Lenovo Indonesia hadir untuk mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia.  Saat ini kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia mengacu pada "Merdeka Belajar Kampus Merdeka", di mana mahasiswa disiapkan memasuki dunia kerja, kegiatan mahasiswa diperhitungkan dalam SKS, dan pendidikan jarak jauh semakin sering digunakan, sehingga sangat penting pada Laptop Lenovo dimasukkan fitur-fitur yang mendukung pembelajaran jarak jauh seperti built-in webcam, speaker, mikrofon headset dan kekuatan pemrosesan untuk web conference, kuliah online dan forum diskusi.

Trend bekerja dan belajar dari mana saja, menjadikan Laptop Lenovo sebagai perangkat wajib. Mahasiwa banyak bekerja di luar ruangan seperti co-working space, cafe atau hotspot area yang disediakan di kampus-kampus. Portabilitias Laptop Lenovo memungkinkan untuk membuat tugas kuliah dan mudah mengambil filenya dari mana saja. 

Kami meminang Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7.

Pertama kali melihat, Cinta langsung suka dengan desainnya yang slim dan simpel. Apalagi saat tahu bahwa laptop ini dilengkapi stylus pen dan sudah touchscreen dan dilengkapi pengamanan finger print. 

"Tunggu, jangan hanya lihat modelnya, lihat juga spesifikasinya," kata saya. Mas Pramuniaga menjelaskan bahwa Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7 dilengkapi processor generasi ke 12 Intel Core I7, terinstalasi RAM 16 GB DDR4, kapasitas penyimpanan 512 GB SSD. Laptop ini mendukung rapid charge boost yang bisa charge baterai lebih cepat (charge 15 menit untuk daya hidup baterai 2 jam).

Finger print untuk start.

Built in webcam dengan tutup
Speaker Dolby Audio dan keypad yang nyaman
Lipat 360°
Mode tablet. 
Stylus Pen

Lenovo IdeaPad Flex5 14IAU7, 
Inovasi Lenovo untuk Mahasiswa.
Seperti apa sih kerennya? Lenovo IdeaPad Flex 5 memiliki layar 14 inci yang bisa diputar 360° sehingga bisa digunakan layaknya tablet.  Laptop dengan ketebalan 17.4 mm dan berat 1.5 kg ini sangat mudah dibawa berpergian. Lenovo seri IdeaPad Flex menghubungkan kinerja dan produktivitas tinggi yang sangat cocok  untuk mahasiswa.  

Untuk menghadapi UTBK dan nantinya menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan, laptop ini sudah dilengkapi konektivitas Wifi dan Bluetooth, serta sistem operasi Windows 11 Home + Office Home and Student 2021 yang sudah dinyatakan kompatibel untuk berbagai program try out UTBK dan ujian komputer yang diadakan secara online oleh universitas-universitas. 

Teman Perjuangan Mencari Universitas Impian.

Perjuanganpun kami lanjutkan. Cinta melanjutkan bimbingan belajar yang sudah dijalaninya, dan frekuensinya lebih sering dalam 3 bulan terakhir. Try out UTBK juga hampir dilakukan setiap minggu menggunakan Laptop Lenovo. Dari try out UTBK diperoleh skor perkiraan sehingga dapat diprediksi skor riilnya. Saat libur hari raya, Cinta harus melakukan try out dalam perjalanan di luar kota. Untung baterai Laptop Lenovo tahan lama dan koneksinya bagus. 

Kami memilih program studi dengan seksama. Kemampuan konektifitas yang bagus pada Laptop Lenovo sangat berguna untuk browsing informasi pilihan program studi di universitas. Kami banyak melakukan pencarian ke laman-laman universitas untuk mencari tahu kurikulum dan mendiskusikannya agar nanti tidak ada perasaan salah pilih jurusan.  Kami juga mempertimbangkan jumlah peminat dan perkiraan skor hasil try out UTBK yang diperoleh Cinta agar pilihannya tepat dan bisa memaksimalkan potensinya.

Dan yang penting, Laptop Lenovo sangat membantu kelancaran saat submit pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri baik jalur nasional maupun jalur mandiri, yang mana setiap proses pendaftarannya perlu upload berbagai berkas sekolah dan berkas pribadi siswa. 

Bismillah, Ya Tuhan, berilah kampus terbaik untuk anakku.

Day D, Leptop Lenovo Saksi Keberhasilan.

20 Juni 2023, hari yang ditunggu. Pengumuman SNBT-UTBK akan diumumkan sore pukul 16.00. Kami sekeluarga bersiap di ruang tengah. Leptop Lenovo punya Cinta sudah siap membuka laman pengumuman.

Detik-detik berjalan lambat. Tak ada yang berbicara. Hingga waktunya tiba untuk membuka pengumuman. Dan hasilnya, Alhamdulillah, terimakasih Tuhan. Cinta lulus di IPB University jalur SNBT-UTBK, prodi Komunikasi Digital dan Media.

Tangis haru memenuhi ruangan. Seketika kami memutar kembali perjuangan selama kurang lebih 3 tahun terakhir ini, dan semakin intensif di 3 bulan terakhir. Perjuangan mencari universitas  impian yang menguras energi, pikiran, penuh perdebatan, diselingi rasa lelah, yang di kini berbuah manis. 

Kamu berhasil Unleash Limitless Possibilities, Nak. Selamat melanjutkan perjuangan bersama Lenovo-nya kamu.

Detik-detik menegangkan
Proud Mom


Mengambil kuote dari Prof. Dr. BJ Habibie :

"Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar, 

Keberhasilan adalah kepunyaan mereka yang selalu berusaha"


Referensi :

https://www.lenovo.com/id/in/faqs/student/mahasiswa-laptop-universitas/

Komentar