Terbantu Astra Financial, Akhirnya Punya Mobil Sendiri

Serasa lulus dan mengambil ijazah, begitulah perasaan saya ketika melunasi cicilan bulan terakhir mobil Avanza biru. Gemetar tangan ini saat menerima sebuah amplop berisi BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). Sebuah surat berharga yang menyatakan mobil tersebut berkepemilikan atas nama saya. Alhamdulillah ya Allah, setelah 4 tahun menyicil, akhirnya saya punya mobil sendiri dan BPKB tersebut telah saya pegang. Mimpi menjadi kenyataan. 

Teringat kembali bagaimana mula saya membeli mobil Avanza biru itu.

Dulu saya pikir memiliki mobil hanyalah keinginan yang mustahil. Saat itu anak-anak saya masih kecil, rasanya kasihan kalau setiap kali bepergian harus naik angkutan kota. Kena panas, debu dan asap, ditambah saat musim hujan tak jarang kehujanan. Ada mobil kantor suami, tentu saja pemakaiannya tak leluasa. Hanya untuk suami bekerja.

Hingga suatu hari menjelang lebaran, saat jalan-jalan ke Mal, seorang salesman menghampiri saya dan suami. Dia menjelaskan promo mobil dengan uang muka ringan. Ini yang paling penting bagi keluarga berpenghasilan menengah seperti kami. Tabungan kami tak banyak, itupun harus berbagi dengan kebutuhan lain. Karena itu mobil dengan DP/ uang muka ringan yang paling banyak dicari.


Uang muka ringan, apakah bisa kalau cicilannya ringan juga? 
Dari sini saya berkenalan dengan Astra Credit Companies atau disingkat dengan nama ACC. Sang Salesman memberi gambaran simulasi cicilan menggunakan leasing ACC. Ada pilihan jangka waktu cicilan hingga maksimal 4 tahun (48 bulan) sehingga jatuhnya ringan. Masuk dalam cicilan tersebut adalah nilai asuransi kendaraan. Sehingga kita tidak perlu lagi membayar asuransi secara terpisah.

Astra Credit Companies adalah otoritas jasa keuangan dari Astra Financial yang sejak tahun 1994 menyediakan fasilitas pembiayaan untuk pembelian mobil dan alat berat dalam kondisi baru ataupun bekas serta fasilitas pembiayaan investasi, pembiayaan modal kerja, pembiayaan multiguna dan sewa operasi (operating lease). Astra Credit Companies (ACC) juga mendukung penjualan mobil melalui jaringan dealer, showroom maupun perseorangan di seluruh wilayah Indonesia.

Lantas kami pun berkalkulasi. Setelah menimbang manfaat  mobil untuk keluarga dan jumlah tabungan yang ada cukup untuk membayar DP, semakin yakinlah kami membeli mobil. Selain itu, akan banyak biaya yang kami bisa hemat dengan memiliki mobil sendiri .  Bertepatan dengan itu, ada kabar bahwa dari kantor suami boleh memilih antara disewakan mobil setiap bulannya, atau diberi berupa uang tunai. Tentu saja kami memilih opsi kedua. Daripada sewa, mending kami gunakan untuk menyicil mobil pribadi. 

Tak sampai seminggu kami memutuskan meminang Avanza biru melalui leasing ACC.
Kenapa biru? Warnanya unik sehingga mudah dikenali.


Kredit mobil dengan ACC, saya tahu beres, alias gampang.

Setelah mantap dengan mobil pilihan yang realistis dan sesuai budget keuangan, Salesman memberikan beberapa alternatif simulasi pembiayaan. Dengan DP yang ringan, tinggal dipilih jangka waktu di mana angka cicilan sesuai kemampuan finansial bulanan. 

Untuk menghitung perkiraan cicilan bulanannya, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu, yaitu: Harga mobil, uang muka berapa persen jumlahnya dari harga mobil, jangka waktu yang ingin diambil, suku bunga kredit mobil, serta biaya-biaya lainnya. Selain salesman yang menghitungkan, simulasi ini juga bisa dilihat secara online melalui simulasi kredit ACC hanya dengan mengisi merek kendaraan, tipe kendaraan, harga kendaraan, dan jumlah down payment lalu klik “Hitung”.

Besaran DP ini sangat tergantung merk dan seri mobil. Bisa juga karena ada promo seperti promo akhir tahun atau promo lebaran sehingga DP kecil. Pada acara-acara pameran mobil seperti GIIAS 2018, juga sering ada promo dan kemudahan proses pengajuan kredit.

Saya mengutamakan fungsi mobil, dan mengesampingkan prestis. Ya, dengan kata lain, saya memilih mobil sejuta umat yang jelas terjangkau dan banyak orang merekomendasikan sebagai mobil keluarga.

Selanjutnya, salesman yang mengumpulkan berkas-berkas pembelian, mengurus ke kantor ACC dan mengantarkan berkas ke rumah saya. Jadi saya tinggal duduk manis di rumah. Setelah DP saya bayar melalui transfer, berkas pun beres. Tidak sampai satu minggu kemudian mobil diantarkan ke rumah. Jadi deh, kami berlebaran dengan mobil baru.

Bulan-bulan berikutnya saya melakukan pembayaran maksimal tanggal 24 setiap bulannya. Pembayaran cicilan bisa dilakukan di mobil pos, ATM, Indomart/Alfamart ataupun internet banking.

Selfie saat perpanjangan asuransi


Layanan klaim Asuransi Garda Oto yang mudah.
Satu bulan setelah mobil saya gunakan, ada pengalaman buruk menimpa. Mobil ringsek karena terhantam mobil lain saat hendak parkir. 

Kejadiannya pernah saya ceritakan pada tulisan ini. : Pengalaman Mobil Ringsek

Panik karena mobil ringsek, saya menelepon Salesman yang mengurus pembelian mobil. Kami sangat dibantu. Saya diantarkan mendatangi kantor Garda Oto di jalan Pajajaran Bogor. Urusan klaim hanya memakan waktu 1 jam. Mobil akhirnya masuk ke "dokter" Garda Oto selama 2 minggu untuk diperbaiki dengan suku cadang baru. Saya hanya perlu membayar biaya administrasi untuk satu kali kejadian yaitu sekitar Rp. 300.000.

Garda oto adalah layanan asuransi mobil dari Asuransi Astra. Seperti saya sebutkan di atas, saya menjadi klien Asuransi Astra secara otomatis karena saya membeli mobil menyicil melalui leasing ACC. Saya sadar, ketika membeli mobil, sudah satu paket dengan resiko berkendara di jalan raya. Banyak kemungkinan bisa terjadi. Karena itu saya membutuhkan perlindungan untuk mobil.

Garda Oto melayani 2 jenis perlindungan mobil, yaitu perlindungan comprehensive dan perlindungan total lost only. Perlindungan comprehensive menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan sebagian (Partial Loss) maupun keseluruhan (Total Loss), dari semua risiko sepanjang tidak dikecualikan dalam polis. Sedangkan Total Loss Only (TLO) menjamin risiko terhadap kerugian/kerusakan keseluruhan, hanya jika biaya perbaikannya diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan . Perlindungan TLO juga menjamin kerugian apabila kendaraan hilang dicuri.

Seiring berakhirnya cicilan mobil, asuransi Garda Oto pun perlu diperpanjang. Saya tinggal melanjutkan dari data polis sebelumnya.
Mencoba mobil baru di GIIAS 2018



Astra Financial hadir di GIIAS 2018
Saya berkesempatan mengunjungi pameran mobil Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung pada 2-12 Agustus 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) – BSD City, Tangerang. Tampak di sana ada booth Astra Financial. Rupanya memang Astra Financial berlaku sebagai sponsor utama dalam GIIAS 2018 ini. 

Di Hall 5-10, tempat di mana passenger car dipamerkan, ada area Astra Finansial yang cukup luas. Di sana pengunjung bisa memainkan games-games terkait Astra Financial. Selagi main games di LCd besar, keasyikan kami terpotong karena ada opening dancing yang dilakukan oleh beberapa peragawati berkostum Astra Financial. Tapi kita seneng aja, karena semuanya cantik-cantik.
Opening Dance Astra Financial

Seru main games ACC

Dengan adanya Astra Financial sebagai platinum sponsor di GIIAS 2018, aplikasi kredit mobil di ACC semakin mudah. Kabarnya Astra Financial menghasilkan 4.611 aplikasi pembiayaan dengan nilai setara Rp1 Triliun selama pameran ini. Wow! 

Termasuk dalam Astra Financial antara lain : aplikasi Garda Mobile Otocare, Asuransi Astra, Aplikasi ACCYes!, Aplikasi PermataMobile X, FIFGROUP Mobile Customer, dan aplikasi TAF: Toyota FLEX serta Daihatsu FLEX serta Asuransi Jiwa Online di ilovelife.co.id . 

Saya telah menggunakan 2 dari Astra Financial, yaitu Astra Credit Companies (ACC) dan Garda Oto.  Setelah "lulus" BPKB nya dari ACC,  dan berkat record pembayaran yang baik, saya mendapatkan tawaran kemudahan pinjaman dana tunai untuk berbagai kebutuhan. Senang sekali dengan tawaran tersebut, namun hingga saat ini saya masih pikir-pikir penggunaannya untuk apa.

Jadi, mau beli Mobil kedua nih?


Tulisan ini diikutkan dalam Kompetisi Jurnalis dan Blogger Astra Financial 2018

#AstraFinancial

Komentar